Jumat, 20 Maret 2015

2015 # 36 Scary Tales # 2: I Scream, You Scream!



Penulis: James Preller
Penerjemah: Nuraini Usman
Penyunting: Aan Wulandari Usman
Penyelaras aksara: Lian Kagura, Novia Fajriani
Penata aksara: Rozin
Perancang sampul: Ashley Halsey
ISBN: 9786020989112
Halaman: 112
Cetakan: Pertama-2014
Penerbit: Noura Books
Harga: Rp 34.000

Aku menjerit!
Kau menjerit!
Kita semua menjerit!
Menjeritlah hingga tak bisa lagi menjerit!

Ayo berkenalan dengan  Samantha Carver, bocah yang menyukai taman bermain. Sam, begitu ia biasa dipanggil begitu menyukai suasana yang ada di taman berwain, selain juga menikmati aneka wahana yang ada. Sammy sangat menyenangi aroma popcorn bermentenga, gula-gula yang manis, hotdog dan burger yang berminyak, komidi putar, ontang-anting dan lainnya.

Bisa dibayangkan betapa bersemangatnya ia saat memenangkan sebuah tiket sebagai pelanggan pertama untuk menikmati Wahana Terseru yang Pernah Diciptakan, Taman Bermain Dr. Z. Taman bermain tersebut didirikan sebelah tahun lalu oleh Phineas Z. Overstreet. Wahana-wahana yang ada menampilkan teknologi termutahir, desain inovatif serta sensasi yang mencekam. Semua hal yang disukai Sam dari taman bermain.

Tidak hanya  Sam yang begitu bersemangat untuk segera mencoba aneka wahana di taman bermain tersebut. Ada enam belas orang anak lain yang begitu bersemangat mengantri tapi mereka tidak seberuntung Sam, menjadi yang pertama masuk dan mencoba wahana. Harapan mereka sama, untuk segera bisa menikmati wahana. Salah satunya  bocah laki-laki berwajah pucat dengan kulit benar-benar mulus tanpa noda. 

Hanya anak-anak yang boleh memasuki dan menikmati taman bermain tersebut. Orang tua yang mengantar harus menunggu di luar. Mereka juga harus menandatangani berkas-berkas standar, pelepasan tanggung jawab dan hal-hal sejenis untuk asuransi,  Tidak cukup itu saja, bahkan telepon genggam yang mereka bawa harus dikumpulkan.

Guna mencapai wahana yang dimaksudkan, mereka semua harus diangkut dengan sebuah kendaraan terbuka dengan dua kursi penumpang. Bocah itu duduk di sebelah Sam sepanjang perjalanan menuju wahana, Andy Dinardo III namanya.

Sekarang hanya ada wahana dan Sam saja. Oh, ditambah dengan Andy yang selalu berada di sisinya. Ternyata taman bermain tersebut bukan taman bermain  bukan sembarangan. Mereka harus berurusan dengan asteroid, makhluk ganas menakutkan, piring terbang dan masih banyak hal lainnya. Wahana yang ada benar-benar menyeramkan. 

Dan ternyata undangan untuk Sam mencoba aneka wahana di sana adalah....Wah benar-benar tak terduga!  Hanya yang bernyali besar mampu menuntaskan membaca kisah ini.

Secara garis besar kisah dalam buku ini sesuai dengan yang diharapkan penulis, menyeramkan. Beberapa kata dicetak dengan  huruf tertentu guna menimbulkan efek dramatis. Dengan demikian diharapkan pembaca bisa kian merasakan  rasa takut yang bertambah seiring dengan bertambahnya lembar buku yang dibaca.

Ilustrasi dalam buku dibuat dengan menawan. Kesan suram dan menakutkan sangat terasa. Apalagi ilustrasi dibuat dengan nuansa hitam dan putih.

Meski bernuansa seram, namun penulis juga memberikan pesan moral dalam kisah ini.  Misalnya mengenai bekerja sama dengan teman, waspada pada segala hal serta berani dan tabah menghadapi bahaya. Buku yang layak dibaca dan dikoleksi.

Terdapat beberapa bagian kisah yang agak pas bagi logika saya.  Termasuk perihal bagian kengerian yang bagi saya harusnya bisa lebih panjang lagi. Namun kerena sasaran pembaca buku ini adalah remaja maka sepertinya hal tersebut bisa dimaklumi.

Dalam kisah ini disebutkan bahwa Sam memiliki kemampuan anagram. Yaitu merupakan kemampuan untuk mengutak-atik huruf guna membentuk sebuah huruf baru. Permainan scarbble merupakan salah satu bentuk permainan yang mengasah kemampuan anagram seseorang. Dalam film Harry Potter, Tom Marvolo Riddle anagramnya adalah I am Lord Voldemort.

Disebutkan dalam http://www.voucherhotel.com  beberapa taman bermain yang paling populer di dunia. Salah satunya  Epcot, Amerika Serikat yang menduduki peringkat keenam dan merupakan taman bermain terbesar di dunia. Taman  seluas 120 hektar tersebut berada di Lake Buena Vista, Florida.  Taman hiburan ini memiliki simbol khas berupa bangunan bulat perak bernama Spaceship Earth. Mengusung tema futuristik, Epcot menampilkan konsep teknologi dan infrastruktur yang mungkin akan berkembang di masa depan.









1 komentar:

  1. gambarnya serem :( adikku punya juga buku ini, tapi blum mau pinjem buat baca..

    BalasHapus