Minggu, 11 September 2011

Incarceron : Kalian Bisa Penjarakan diriku, Tapi bukan Jati Diriku!



Penulis: Catherine Fisher
Penerjemah: Mery Riansyah & Febry E.S.
Penyunting: Lulu Fitri Rahman
Proofreader: Nani
Halaman: 492 Halaman
ISBN-139786028590341
Penerbit: Matahati
Rp 64.000

Tolong. Kau harus menolongku Keluar

Finn, sang Penglihat Bintang, no  dada 0087/2314. Kelahiran sel penjara itu hidup kejam dan tanpa belas kasihan. Sering mengalami  pengelihatan  tentang hal-hal yang tak diketahuinya. Finn ternasuk kaum Scum, golongan pencuri. Dia hidup di dalam Incarceron.

Claudia, putri sang sipir penjara. Dengan banyak pelayan dan guru yang menyayanginya, hidup menjadi sangat sempurna. Sebagai anak sipir, berarti ia yang menjadi calon tunggal bagi  calon raja. Claudia hidup dengan segala kenyaman di luar Incarceron.

Keduanya tak saling mengetahui satu dengan lainnya hingga sebuah kunci membuka tabir rahasia diantara keduanya. Kunci tersebut berbentuk rumit, seperti jaring Kristal yang berpilin-pilin. Terdapat seekor elang bermahkota yang menempel di bagian tengahnya. Lambang kerajaan Dinasti Havaarna,

Kunci tersebut bukan sembarang kunci, namun kunci yang dapat membuka pintu masuk ke  Incarceron. Incarceron adalah penjara penjara futuristik berbentuk  dunia buatan yang bertujuan untuk memenjarakan penjahat di dunia dan memperbaiki moral mereka guna menciptakan masyarakat yang sempurna.  Incarceron begitu luas, hingga tak hanya berisi sel-sel saja tapi juga kota, hutan tempat spesies logam, baja dan tembaga, dedaunan setipis kertas timah, tempat buah-buahan tumbuh menjadi emas dan perak,  serta lautan.

 Semua catatan yang berhubungan dengan Incarceron itu dirahasiakan dan disegel. Tak ada yang bisa masuk dan keluar. Hanya sipir yang mengetahui lokasi dan mengawasi  perkembangannya. Desas-desus menyebutkan bahwa penjara itu berada di jauh di bawah tanah, labirin yang sangat luas.

Penjara tersebut terkunci dari luar.  Legenda menyebutkan hanya satu  orang yang berhasil lolos, Dia yang berjari sembilan. “ Ada seorang pria bernama Sapphique. Dari mana dia berasal adalah misteri. Ada yang mengatakan dia dilahirkan dari penjara, dibesarkan dari komponen  yang tersimpan. Ada pula yang menyatakan dia  berasal dari Luar karena dia satu-satunya manusia yang berhasil kembali ke sana. Ada pula yang mengatakan dia bahkan sama sekali bukan manusia, melainkan makhluk yang berasal dari percikan api berkilau yang dilihat orang-orang sinting dalam mimpi dan memberi nama bintang-bintang. Ada juga yang mengatakan dia pembohong dan bodoh”

Finn konon lahir dari dalam Rahim Incarceron. Di dalamnya , penjara menciptakan manusia-manusia baru, mereka muncul sebagai bayi atau orang dewasa, seutuhnya, tidak seperti manusia campuran. Di Incarceron tak  ada makhluk yang dibukur apa lagi dibakar. Seluruh penghuni memahami bahwa sisa-sisa makhluk apa pun yang mati, menghilang dalam waktu Semalam. Incarceron langsung mengirim kumbang-kumbang dan mengumpulkan bahan mentah itu untuk di daur  dari metal sudah bukan hal yang aneh di sana. Namun hati kecilnya selalu menyangkal dan meyakini jika ia berasal dari luar.

Suatu saat  ketika sedang melakukan penyergapan,  ia berurusan dengan seseorang yang dipanggil  dengan nama Maestra. Lewat Maestra, ia mendapatkan sebuah kunci yang diyakininya merupakan jawaban atas ingatan yang sering mengganggunya. Bersama dengan saudara angkatnya, Keiro, seorang Sapient yang terkenal bijak dan memiliki pengetahuan tinggi dan bijak bernama Gildas dan seorang budak bernama Attia, mereka bernekat mencari jalan keluar dari Incarceron.

Sementara itu, kehidupan sempurna  Claudia mendadak berubah saat perjodohannya dengan Giles sang putra mahkota berakhir tragis. Konon sang putra mahkota ditemukan meninggal, sebuah peristiwa yang mencurigakan. Claudia lalu dijodohkan dengan Caspar, saudara tiri Giles. Kematian Giles yang mencurigakan serta pernikahan yang dipercepat membuat Claudia mencurigai adanya sebuah konspirasi.

Sebuah penemuan canggih  guru Claudia, Jared membuatnya berhasil menyelinap ke ruang kerja sang ayah dan menemukan sebuah kunci. Kunci tersebutlah yang kelak membuka rahasia dibalik kematian Giles. Kunci yang membuat dua manusia yang berada di dunia dunia, Finn dan Claudia bisa berkomunikasi layaknya menggunakan telepon genggam.

Sesungguhnya, dunia luar dan Incarceron merupakan dua hal yang  sangat bertolak belakang.  Dunia luar disetting seakan berada di abad ke-17. Segala sesuatu diatur dalam protokol dimana segala hal yang modern dilarang. Kontras sekali dimana stik leser penghilang kerut (wah para wanita pasti sangat suka ini!) digunakan berdampingan dengan korset ketat dan rok mengembang. Atau kaca mata pelindung matahari yang dapat memperbesar objek digunakan sambil menunggung kuda saat berburu. Penulis telah berhasil menciptakan sebuah dunia yang sungguh mengagumkan.

Kisah dalam buku ini awalnya cenderung datar, kian ke belakang makin terasa ketegangannya. Namun bagi saya pribadi, semua ketegangan yang ada di awal mendadak menguap saat saya membaca halaman 226. Kisah yang semula bernuansa gelap, misterius mendadak menjadi sangat jelas sehingga nyaris saya malas menamatkan buku ini karena akhirnya sudah tertebak.


Sekedar penasaran, apa  makna kalimat, “Tercium aroma yang nyaris tampak seperti bergulir ke tangga” Aroma yang bergulir? Apa maksudnya tercium yah?

Catherine Fisher dilahirkan di Newport, Wales. Merupakan  lulusan  dari University of Wales dan berprofesi sebagai dosen penulisan kreatif di University of Glamorgan. Saat ini ia tinggal di Newport, Gwent. Incarceron diterbitkan pada 2007,  dan memenangkan The New York Times bestseller. Penghargaan yang diraih yaitu The Times Children’s Book of the Year.

Beberapa buku karangannya antara lain:
  • Crown of Acorns
  • Synopsis & Inspiration
  • The Glass Tower
  • Belin’s Hill
  • The Snow-Walker Trilogy
  • The Book of the Crow
  • The Lammas Field
  • Darkwater Hall
  • The Oracle Trilogy
  • Corbenic
  • Darkhenge
  • Incarceron
  • Sapphique
  • The Weather Dress
  • The Hare and Other Stories
  • The Pickpocket's Ghost

 20th Century Fox sudah memproduksi filmnya. Jika tidak ada halangan akan rilis pada tahun 2013. Tokoh Manusia Serigala Jacob Black akan memerankan tokoh Finn. Aktor yang bernama asli Taylor Daniel Lautner ini lahir di Michigan, 11 Februari 1992. Semasa kecil, putra dari Daniel Lautner (pilot pesawat terbang) dan Deborah (pegawai perusahaan software komputer) ini dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang religius dan disiplin. Tak heran jika, kakak dari Makena Lautner tersebut tumbuh menjadi anak yang rajin dan suka bekerja keras.


Jangan lupa mengintip  http://youtu.be/sMRFsTwwj_U, http://incarceron.livejournal.com/ serta http://www.catherine-fisher.com/

Sepenggal kalimat menarik, sepertinya layak untuk menjadi bahan renungan kita, “Sebagian besar orang dengan senang hati tinggal di dalam penjara mereka dan berpikir itulah dunia…..” Apakah kalian senang dan bahagia tinggal dalam penjara yang kalian buat sendiri??? 

well done Mo....

Foto
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00004870.html

Tersedia juga di TM BOOKSTORE ^_^

2 komentar: