Rabu, 27 Juli 2011

The Govins: Menyingkap Rahasia Benda-Benda Bernyawa



 Pengarang: Diana Caroline              
ISBN:  978-602-96413-4-9
Halaman 190
Harga: Rp 23.000

Tak banyak yang tahu, seluruh benda mati sebenarnya tidaklah mati.  Benda-benda kesayanganmu dapat merasa senang, gundah, dan dapat mati. Ada kehidupan pada benda. Kehidupan di dunia Govin.

Bagaimana jika suatu saat kasur yang kau tiduri mengajakmu bercakap-cakap? Atau  Sendok yang kau gunakan mengaduh sakit karena tanpa sengaja tergigit saat menyuap nasi? Panik dan ketakutan pastinya. Itu juga yang dialami oleh Ratu saat koper yang digunakannya mendadak bisa berbicara.

Semula Ratu  mengira dirinya sedang bermimpi, namun keanehan kian bertambah saat sesuatu menyerangnya. Dan ia diselamatkan oleh sebuah tempat sampah sebesar lemari es!  Yups………! Kalian tidak  salah baca! Memang ada tempat sampah besar yang biasa berbicara, lalu tokoh pendamping dalam kisah kita kali ini adalah seorang eh sebuah koper blesteran bernama Franky. Semula Fanky adalah koper milih ayah Ratu.

Membaca nama sang pengarang saya langsung teringat pada nama yang sering saya dengar jika berurusan dengan salah satu penerbit besar. Ternyata ini adalah buku keduanya. Tapi jangan khwatir, buku ini menawarkan sesuatu yang spesial. Membuka lembar pertama, saya langsung terkesima. Buku ini unik dari sisi penyajiannya. Alih-alih disuguhi pembukaan panjang lebar, pembaca langsung disuguhi aneka aksi pertempuran antara Dangdang sang tempat sampah dibantu  Franky koper blasteran melawan  Super Govin, kaum Govin yang menjadi teroris dan memberontak. Sementara itu,Ratu  hanya bisa memandangi peristiwa yang terjadi di depan matanya dengan heran dan ketakutan.

Biasanya kita disuguhi kisah fantasi dengan lakon berupa makhluk fantasi  seperti naga, pixie, manusia serigala dan sejenisnya. keberanian  Olin  membuat sesuatu yang  berbeda patut diacungi jempol. Kisahnya seputar  niat makhluk yang disebut Govin untuk menguasai dunia manusia. Niat jahat itu tentunya mendapat perlawanan dari pihak manusia. Ratu, seorang anak yatim piatu dengan rambut gimbal dan berkulit gelap mendapat kepercayaan untuk melakukan perlawanan demi keselamatan dunia. Nasib seluruh umat manusia berada di tangan ratu!

Keinginan kaum Govin tidak main-main, banyak sudah kecelakaan dan bencana yang sebenarnya  disebabkan oleh mereka. Keberadaan Govin benar-benar layaknya sebuah organisasi kejahatan dunia yang terorganisir. Mereka sudah menguasai beberapa lokasi strategis, dan menurut perkiraan, negara kita  berada dalam posisi teratas target selanjutnya. Membaca uraian mengenai lokasi diseluruh penjuru dunia yang konon katanya  sudah dikuasai oleh kaum Govin mau tak mau membuat saya merinding. Ini fiksi apa sungguhan yah?? Olin mampu membangkitkan rasa kengerian saya. Seram...........................

Bangsa Govin merupakan bangsa yang hidup dalam media benda, tidak semua benda tentunya. Bangsa Govin akan lahir ketika sebuah benda begitu dicintai dengan tulus oleh manusia, ruh Gobin akan hadir di dalamnya dah mereka harus mengabdi kepada yang mencintainya.

Leluhur Bangsa Govi adalah sosok yang sangat kita kenal, Pinocchio alias Pinokio. Kasih sayang Gepetto pada boneka kayunya membuat Pinokio lahir  ke dunia manusia dan berdiam di media benda.  Sedikit menyimpang dari kisah yang sering kita dengar, Pinokio tidak menjadi anak manusia namun tetap menjadi boneka kayu tapi boneka kayu yang hidup. Selayaknya sebuah kayu, tentunya suatu saat akan lapuk dan rusak seiring waktu berjalan, bagi Govin berarti kematian pula.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa kisah yang ditulis oleh Carlo Collodi 130 tahun lalu pada 7 Juli 1881 memiliki akar yang kuat dengan dunia nyata. Menurut Alessandro Vegni, seorang ahli komputer, yang membandingkan kisah itu dengan peta sejarah, kisah Pinokio berseting di desa Tuscan di San Miniato Basso, yang terletak di pertengahan antara Pisa dan Florensia. Nama asli desa tersebut sebenarnya adalah "Pinocchio."  http://therewillbeposts.blogspot.com Jadi bukannya tak mungkin ada Govin disekitar kita khan.......


Dunia Govin bisa disinggahi jika pemilik benda tepat Govin bersemayan  tertidur atau tidak menggunakan barang itu.  Di dunia Govin  Susana terasa sepi. Seluruh kehidupan dikonsentrasikan pada dunia manusia terutama karena variable kehidupan yang sempurna hanya ada di dunia manusia. Itu sebabnya mereka sangat ingin menguasai dunia manusia.

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan ke penulis. Bukan maksud menggurui hanya sekedar saran agar kisah bisa mengalir dengan lebih manis. Apa yang menyebabkan dari sekian banyak umat manusia yang ada di negara kita, pilihan jatuh pada Ratu? Selain urusan Gea apakah tidak ada pertimbangan lainnya? Misalnya saat kelahiran Ratu posisi orbit planet bagaimana sehingga ia yang dipilih. Lalu bangsa Govin mengirim utusan yang mampu membuat Ratu mendapat Gea sumber kekuatannya. Gea adalah Govin pelindungnya, selama ini ia berada dalam benda yang selalu dipakai Ratu.

Belakangan, Ratu mendapat sekutu secara tak terduga dari seorang cowok kaya yang kurang kasih sayang, kebetulan juga namanya Raja. Penampilan Raja sebagai pemanis memang membuat cerita menjadi lebih menarik, tapi kok keikut sertaannya yang  ujuk-ujuk seakan dipaksakan. Agak janggal rasanya melngetahui ia begitu saja menerima penjelasan Ratu mengenai Govin. Belum lagi fakta ternyata ia juga memiliki kemampuan lebih.

Kian kebelakang, saya seakan disuguhi kisah silat. Banyak adegan pertempuran yang diuraikan sehingga berkesan seru! Tapi dari mana  Ratu mendapatkan ilmu yang mumpuni untuk bertempur? Latihan berkelahi dengan Franky saja hanya dilakukan sesaat. Belum lagi secara nalar ia harus menyelaraskan  antara pikiran, tangan serta keberadaan Dodo senjatanya.

Dibeberapa bagian, penjelasan mengenai suatu hal  terlihat terlalu panjang, namun di sisi lain malah ada yang kurang dijelaskan. Misalnya adegan Ratu berada dalam bis, penulis cukup banyak memberikan gambaran mengenai penumpang namun ternyata tak ada hubungannya dengan cerita.

Saya penasaran kenapa yah Ratu harus pindah alias kost ke Grogol jika ia tidak melanjutkan kuliahnya? Kenapa tidak dipilih daerah pinggiran untuk tinggal atau daerah dekat rumahnya. Terakhir kenapa judulnya menggunakan bahasa asing? The Govins maksudnya untuk menyatakan banyak Govins?

Secara keseluruhan buku ini benar-benar KOCAK HABIS!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Baca saja judul bab yang ada, “ Pohon Mangga di Indekos bernama Mangga” Walau seakan garing, namun tetap saja hal ini membuat saya tertawa. Kalau tidak bernama manga lalu bernama apa? Pohon Mangga bernama jambu?

Belum lagi celetukan segar yang ada di dalam buku. Penulis benar-benar berusaha menyuguhkan situasi seperti layaknya kehidupan yang kita jalani sehari-hari. Penasaran akan kebenaran sosok Xena sang pejuang wanita, merasa ikut dalam acara sebuah televisi swasta dengan judul Hari yang Aneh, hingga merasa kesal pada negara tetangga yang suka mengaku-aku milik kita.

Kalimat bijak yang bisa dikutip adalah, “ ….laut tak berujung, pada lautlah bisa kau embuskan harapan sehingga kekuatan pengabulan akan berputar dan kembali padamu”

Gambar dari : http://www.belajaringgris.net/teks-cerita-pinokio-dalam-bahasa-inggris.html

Senin, 25 Juli 2011

Dasyatnya Chemistry



Penulis : Simone Elkeles
Penerjemah : Angelic Zaizai
Korektor : Mery Riansya
Disain Kover :  Lafecia.com
ISBN  : 978-602-96987-8-7
Halaman : 451
Penerbit  : Terakota
                http://terakotabooks.blogspot.com
Harga  : Rp. 59.900,-


BOSAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Terus terang saya bosan membaca kisah cinta  beda dua, beda latar belakang, atau sebut saja semua! Cinta dua insan yang sangat berbeda latar belakang sudah sering dijadikan  dasar bagi ramuan sebuah novel cinta atau film. Bahkan beberapa waktu yang lalu, dunia  tv kita ramai diserbu dengan telenovela dengan kisah yang sudah sangat standart. Anak laki-laki keluarga kaya jatuh cinta lalu menikah dengan anak perempuan keluarga miskin yang ternyata ia juga anak dari keluarga yang lebih kaya, namun karena sesuatu dan lain hal (umumnya saudara yang iri) ia hidup dengan keluarga kurang mampu.

Tapi sepertinya ada yang berbeda dari kisah ini. Novel ini juga  berkisah mengenai 2 insan yang hidup dalam 2 dunia dan otomatis juga memiliki latar belakang keluarga yang berbeda,  Brittany Ellis  dan Alex  Fuentes. Brittany  merupakan anak seorang pengusaha yang berpedoman penampilan lahiriah adalah segalanya. Terpenting  ia memiliki warna kulit seperti salju. Sementara Alex, penagih ulung, anggota geng dan parahnya merupakan warga keturunan Mexiko. Keduanya sangat bertolak belakang, cenderung menjadi musuh malah. Awalnya hanya 1 hal persamaan diantara mereka, Fairfield High.

Sebuah proyek kimia membuat mereka harus menekan segala ego dan bekerja sama. Perlahan tapi pasti, mereka mulai merasakan ada getar-getar chemistry. Alex mulai terkena pesona sang diva yang sayangnya (seperti kisah-kisah lain) sudah memiliki pacar cowok paling ideal, kapten tim football. Mulailah segala kekonyolan ala ABG terjadi. Namanya juga cinta anak-anak sekolah menengah.

Jangan coba-coba  menyepelekan urusan  chemistry jika berbicara soal kisah cinta. Salah seorang sahabat saya mendadak mempertanyakan kemana hatinya berlabuh saat tidak menemukan lagi chemistry.  Bisa-bisa hubungan pertemanan bisa disalahartikan oleh orang lain yang merasa menangkap ada sinyal-sinyal chemistry Bahkan unsur ini juga dijadikan lagu guna mempertegas keberadaannya seputar urusan cinta. 


Brittany  dan Alex boleh saja menyangkal keras ketertarikan satu dengan yang lain. Bahkan Alex menyarukannya  dengan urusan taruhan (mengingatkan saya pada sebuah film jadul). Tapi hanya orang buta saja yang tak bisa melihat ada sesuatu diantara mereka berdua. Jika tidak,  mana mungkin  keduanya mencoba menyelami dunia satu dengan yang lainnya yang jelas-jelas bertolak belakang. Semakin keras mereka saling menyangkal, semakin kuat chemistry diantara mereka bekerja.

Perbedaan utama buku ini dibandingkan dengan yang lain adalah bagaimana sang penulis menggambarkan budaya Spanyol dan Mexiko dengan begitu apik. Beberapa ungkapan sederhana dalam Bahasa Mexiko justru membuat buku ini memiliki nuasa yang berbeda. Kita bisa mendapat tambahan informasi mengenai bagaimana kehidupan warga keturunan disana. Kisah cinta biasa diramu menjadi luar biasa, terutama saat membuktikan betapa cinta mampu menembus perbedaan budaya.

Buku ini juga bercerita dengan gaya yang berbeda. Kedua tokoh, Brittany  dan Alex   mendapat porsi yang sama dalam buku ini. Kisah yang ada disajikan dalam pandangan dua sisi secara bergantian. Dimulai dengan  Brittany  lalu bergantian dari pandangan Alex sehingga kita bisa mengetahui kisah dari dua sisi tokohnya.

Sementara untuk urusan esek-esek dalam buku ini membuat saya khawatir. Silahkan sebut saya kolot, konyol atau apa saja. Tapi bagaimana jika ada seorang  ABG labil alias Ababil terinspirasi  melakukan hal konyol seperti yang dilakukan oleh Brittany. Zaman boleh maju, namun ada batasan norma yang harus tetap diam di tempat, termasuk untuk urusan esek-esek seperti yang diuraikan dalam buku ini. Di luar sana, mungkin hal ini wajar, tapi tidak di sini. Saya hanya berharap semoga saya saja yang terlalu khawatir.

Untuk urusan kover, terus terang saya lebih menyukai versi ini. Untuk selera saya, kover ini  lebih sopan tapi  sangat mencerminkan  mengenai kisah  yang ada dalam buku ini. Jika sampai terbit dengan kover awal, mungkin saya akan membuang kovernya saat mulai membaca isinya. Tapi sekali lagi, kita bicara selera disini. Mungkin selera saya dalam urusan kover lebih cocok dengan versi ini, sederhanan tapi langsung pada sasaran.

Kata-kata paling menawan dalam buku ini adalah, " Kadang-kadang orang baik terpaksa melakukan hal-hal yang tidak baik."  Ada beberaoa bagian dari buku ini yang membuat wajah saya merona merah. Kok mirip yahhhhh. Sebuah ksiah di halaman 387 misanya,  membuat saya tertawa  sambil mengingat masa lalu. Dasar cowok he he h

Simone Elkeles  lahir di Chicago, Illinois pada 24 April 1970. Ia memenangkan Romance Writers of America RITA award winner untuk buku Perfect Chemistry. Penghargaan yang diterima antara lain:
  • 2008 Author of the Year by the IL Association of Teachers of English
  • 2010 RITA Award for Best Young Adult Romance for Perfect Chemistry
  • New York Times Best Seller List for Rules of Attraction and Return to Paradise
  • USA Today Best Sellers List
Beberapa karya Simone Elkeles yaitu:
How to Ruin Trilogy
  • How to Ruin a Summer Vacation (2006)
  • How to Ruin My Teenage Life (2007)
  • How to Ruin Your Boyfriend's Reputation (2009)
  • Ruined (2010) (How to Ruin Trilogy: #1-3)
Leaving Paradise/ Return to Paradise
  • Leaving Paradise (2007)
  • Return to Paradise (2010)
Perfect Chemistry Trilogy
  • Perfect Chemistry (2008)
  • Rules of Attraction (2010)
  • Chain Reaction (2011)
Jangan lupa mengintip ke http://www.simoneelkeles.net/

Banyak pertanyaan yang ingin saya ajukan pada sang penulis, misalnya mengapa tokoh gadis kita dalam kisah ini digambarkan begitu saja luluh akan pesona sang pria sehingga mau begitu saja melakukan esek-esek. Lalu bagaimana sebenarnya penyakit yang diderita oleh....ups ntar jadi spoiler dung...

Mau tahu kelanjutannya???????
Ikutan kuisnya yuk! Ada 3 buku untuk 3 orang penenang.
Caranya super duper guampang baget. Segera bikin foto dirimu dengan sesorang. Fotonya bukan sembarang gaya lho, harus kelihatan ada chemistry-nya diantara kalian. Siapa pun boleh ikutan, mau dengan pacar, calon pacar, pasangan hidup pokoknya harus lawan jenis. Kalau belum punya pacar atau incaran nah silahkan cari korban  yang bersedia diajak berfoto bersama tp bukan saudara yahhh. Hayuh demi sebuah buku yang ciamik ini............

Caranya:
1. Hanya perlu tag fotomu ke  MINIMAL 15 orang, jangan lupa juga juri  (minimal 2 orang juri yah)
2. Jangan lupa tuliskan "Lomba Perfect Chemistry" sebagai keterangan
3. Waktunya sampai Jumat 29 Juli 2011, pukul 00.01 WIB.
4. Pengumuman pada Minggu 30 Juli 2011, pukul 10.00 QIB
5. Keputusan juri tidak bisa  diganggu gugat ... foto yang masuk menjadi milik juri.
    Jurinya selain daku adalah Silvero and Iqbal AS

HAYUH SEGERA ATUR POSISI BUAT DIFOTO!!!!

Kalau butuh contoh......
 Ini bisa berbicara banyak khan.........

Jumat, 22 Juli 2011

Aneka Kisah Cinta

Judul                          : Cinta  Tak Pernah Mati
Penerjemah              : Atta Verin & Anton Kurnia
Penyunting               : Anton Kurnia
Pemeriksa  AKsara  : Adi Toha
ISBN                           : 978-979-024-357-6
Halaman                   : 232
Penerbit                   : Serambi

Dashuri
Liefde
Ást
Láska
Pyāra
amore
Ai
Liebe
salang
l'amour
agápi̱
tình yêu
Nēcikkiṟatu
love

Tidak ada yang bisa memberikan definisi  apa itu cinta. Kadang, jika seseorang merasakan cinta,  ia seakan  menjadi begitu bodohnya dimata orang lain, begitu beraninya bahkan bisa juga begitu memalukannya! Semua gara-gara sebuah kata singkat tapi butuh banyak kalimat untuk menguraikan maknanya, kata  CINTA.

Cinta merupakan  sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta adalah patisari dari  sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Banyak cara untuk mengekspresikan rasa cinta kita kepada orang lain. Ada yang dengan cara sederhana seperti memberikan perhatian kecil namun bermakna dalam, membuatkan sebuah puisi hingga memberikan sebuah barang mewah. Ada juga yang menyatakan cintanya dengan cara yang ekstrim seperti  membuat tato di tubuh atau memberikan tulangnya saat telah meninggal.

Saya jelas-jelas bukan penggemar novel cinta! Apa lagi kisah yang menye-menye.  Novel dengan genre cinta juga sudah sangat mudah kita temui. Sebuah penerbitan malah mengubah citranya menjadi penerbit genre cinta demi kelangsungan hidupnya.  Lalu kenapa novel ini layak dibaca?  Tepatnya kenapa saya mau membaca novel ini? Ada sesuatu yang berbeda dalam  novel ini, tentunya selain kover   berwarna  biru yang menarik perhatian saya. Sebuah pandangan tetang cinta dari banyak penulis terkemuka di dunia.

Ada 17 cerita seputar cinta dari  17 pengarang terkemuka . Mereka adalah; Ryunosuke Akutagawa (Jepang), Honore de Balzac (Prancis), Bjornstjerne Bjornson (Norwegia), Anton Chekhov (Rusia), Fyodor Dostoevsky (Rusia), John Galsworthy (Inggris), O. Henry (Amerika Serikat), James Joyce (Irlandia), Rudyard Kipling (Inggris), W. Somerset Maugham (Inggris), Guy de Maupassant (Prancis), Edgar Allan Poe (Amerika Serikat), August Strindberg (Swedia), Rabindranath Tagore (India), Leo Tolstoy (Rusia), Mark Twain (Amerika Serikat), dan  Emile Zola (Prancis).

Para penulis ini menguraikan kisah cinta dari sudut pandangnya masing-masing. Kita akan diingatkan bahwa cinta bisa bermakna banyak, bisa untuk siapa saja tanpa pandang bulu, bisa berwujud apa saja. Dalam buku ini ada kisah cinta yang menyeramkan, mengharukan bahkan berakhir tragis. Namun semuanya berujung pada sebuah tujuan, cinta yang membuat hidup ini lebih berarti. Cinta  pula yang memberi dan menyelamatkankehidupan  seseorang.

Kisah Suatu Hari di Surga besutan Ryunosike Akutagawa sudah sering dijadikan media guna menyampaikan pesan moral. Bagi yang lupa, kisahnya mengenai  seorang penjahat yang diberikan kesempatan kedua untuk berbuat baik. Ia mendapat bantuan seutai benang dari jaring laba-laba yang dijulurkan ke dalam neraka oleh  Sang Budha. Andai saja ia tidak berpikir egois tentunya ia bisavselamat memanjang benang itu keluar dari neraka. Tapi karena rasa egoisnya saat melihat banyak yang mengikutinya memanjat benang itu, maka ia jatuh kembali ke dalam neraka. Sang Budha menjulurkan benang dari jaring laba-laba karena ia pernah sekali berbuat baik dengan menyelamatkan seekor laba-laba. Betul-betul apa yang kita tanam akan kita tuai.

Kisah Hantu Mantan Kekasih serta Bekas Luka menawarkan kisah  cinta dengan nuansa menyeramkan.  Kisah Tamu Pernikahan  dari O.Henry mengisahkan tentang seorang wanita yang berpura-pura memiliki tunangan yang sudah meninggal, guna menghormati tunangannya  ia selalu memakai pakaian hitam tanda berduka cinta. Saat ia sudah membuka lembaran kisah cinta baru  dengan pria lain, baru ia mengakui semua kebohongannya. Semuanya  dilakukan dengan cintanya pada sang pria. Sementara sang pria, sejak  awal sudah mengetahui kebohongan kekasihnya hanya berdiam diri, dilakukannya demi menyenangkan kekasih hatinya tercinta. Kisah ini mengingatkan saya pada seorang sahabat.

Kadang cinta membuat seseorang menjadi tegar dan kuat. Dilain waktu, cinta juga bisa membuat seseorang menjadi rapuh, bodoh bahkan nekat! Cinta  Ayah dan Anak bagi Bjornstjerne Bjornson memberikan kita sebuah contoh bahwa kasih orang tua pada anaknya membuat hal apapun seakan menjadi mudah sekaligus sulit. Betapa bahagianya sang ayah saat menyambut kehadiran anak laki-lakinya. Namun berapa rapuh dan hancurnya ia saat sang anak pergi. 

Emile Zola memberikan kisah Sepatu Bot untuk menutup rangkaian kisah cinta dalam buku ini Kisah ini sungguh luar biasa. Dari kisah ini kita bisa melihat penyimpangan dengan latar belakang cinta. Tokoh kita sang wanita simpanan tidak bisa melupakan masa lalunya. Gairah liarnya terpuaskan bukan dengan berapa lama ia berada di ranjang sebagai kekasih gelap seorang bangsawan, tapi dari menyemir rapi sepatu bot sang bangsawan. Hasratnya baru terpuaskan saat ia selesai menyemir rapi  sebuah sepatu bot. Sebuah gairah liar yang malu diakuinya tapi membuatnya senang.

CInta tak Pernah Mati dari Honore de Balzac akan membuka mata kita bahwa cinta tidak selalu diberikan kepada kekasih. Tapi bisa juga kepada keluarga, benda bahkan pada hewan. ini merupakan kisah cinta seorang  prajurit dengan seekor macam. Selain keunikan cerita, pesan moral yang diberikan oleh sang prajurit juga perlu kita perhatikan.  Sebuah prasangka buruk harusnya diselesaikan dengan komunikasi diantara mereka. Mereka tidak membicarakan hal itu karena harga diri, mereka terlalu keras kepala untuk berkomunikasi. Akibatnya mereka akan bertengkar dan berpisah!

Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite. Paduan warna merah dan biru justru berkesan kurang serasi. Tapi justru dari paduan warna tersebut, mata kita akan langsung bisa menangkap sebuah filosofi tentang cinta. Hasrat cinta seseorang bisa membara diumpamakan dengan warna merah, namun bisa juga menyejukkan seperti warna biru.

Secara pribadi, saya lebih menyukai kata sayang.
Sayangku padanya seperti sayangnya padaku. Sederhana, tanpa persyaratan panjang  layaknya  mengikuti lomba. Kita berdua sama-sama tahu dimana posisi masing-masing, bagaimana makna satu dengan lainnya, peran apa yang kita mainkan. Yang satu akan berdiri di sebelah yang lain saat dibutuhkan, namun segera menjauh saat yang lain ingin sendiri. Tak perlu banyak mengurai kata, sebuah lirikan dan tatapan sudah mampu berbicara banyak untuk mewakili hati.

Sekilas, bagi banyak orang ini merupakan hal rumit. Tapi tidak bagiku dan baginya. Sebenarnya semuanya justru sangat sederhana, intinya hanya untuk dan karena sayang

Untuk itu, jangan sampai kamu jatuh cinta padaku!
Karena cintamu bisa mengubah dirimu menjadi seseorang yang berbeda.
Padahal yang kusuka adalah dirimu yang sekarang.
Maka...............

cintailah penerbit yang mau memberikan kesempatan membuat repiu he he he

Cocok dengerin lagu ini .....
Phil Collins - A Groovy Kind Of Love 

When I'm feeling blue, all I have to do
Is take a look at you, then I'm not so blue
When you're close to me, I can feel your heartbeat
I can hear you breathing near my ear
Wouldn't you agree, baby you and me got a groovy kind of love

Anytime you want to you can turn me onto
Anything you want to, anytime at all
When I kiss your lips, ooh I start to shiver
Can't control the quivering inside
Wouldn't you agree, baby you and me got a groovy kind of love, oh

When I'm feeling blue, all I have to do
Is take a look at you, then I'm not so blue
When I'm in your arms, nothing seems to matter
My whole world could shatter, I don't care
Wouldn't you agree, baby you and me got a groovy kind of love
We got a groovy kind of love
We got a groovy kind of love, oh
We got a groovy kind of love

Sabtu, 16 Juli 2011

I can't stop loving you Lucky Luke



Saat ini sepertinya saya butuh bacaan yang bisa membuat saya tertawa lepas. Setelah berbekal voucher dari beloved M, Silvero saat makan siang segera saya  meluncur ke TM Bookstore yang kebetulan sedang menggelar acara  ulang tahun, artinya best price buat 200 judul buku!  Tak perlu jadi pasukan jam 10 teng nih! Lirik sana-sini, pilihannya jatuh pada beberapa komik Lucky Luke, Smurf dan Kariage.

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.(wikipedia)

Lucky Luke adalah sebuah  komik   yang diciptakan oleh kartunis Belgia, Maurice De Bevere, belakangan  lebih dikenal sebagai Morris. Ia menciptakan tokoh ini sejak tahun 1946 hingga kematiannya pada tahun 2001. Kisahnya mengambil latar belakang Amerika pada zaman koboi. Tokoh utamanya bernama Lucky Luke, koboi  pengelana yang dikenal dapat  menembak lebih cepat dari bayangannya

Kisah Lucky Luke pertama kali muncul dengan judul  Arizona. Kisah itu muncul dalam edisi Almanach dari majalah komik Le Journal de Spirou pada tanggal 7 Desember 1946. Komik ini  telah diterjemahkan ke dalam  lebih dari 23 bahasa, antara lain  Bahasa Afrika, Arab, Bosnia, Catalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Indonesia, Italia, Norwegia, Polandia, Portugis,  Serbia, Spanyol, Swedia, Tamil, Turki, Vietnam dan Welsh. Tidak seperti Tintin yang berhenti setelah Harge meinggal, seorang seniman Perancis bernama  Achdé bekerjasama dengan penulis Laurent Gerra meneruskan kisah Lucky  Luke

Sebagai seorang koboi, Lucky Luke tentunya memiliki seekor kuda. Kuda  tunggangannya adalah Jolly Jumper, bisa disebut sebagai terpandai di dunia. Selain Jolly, Lucky Luke juga sering kali harus berpasangan dengan seekor anjing bernama Rantanplan, terutama jika sedang berurusan dengan Dalton bersaudara yang kabur dari penjara. Sungguh ironi, jika Jupper adalah kuda terpandai maka Rantaplan adalah anjing terbodoh sejagat.

Selama kisah berlangsung, Lucky Luke bertemu banyak tokoh seperti Calamity Jane, Billy the Kid, Hakim Roy Bean, geng Jesse James, serta tak ketinggalan musuh bebuyutannya Dalton bersaudara. Ia juga ikut memberikan konstribusinya dalam  sejarah seperti saat mulai dikembangkannya jalur pengiriman surat  Pony Express, jalur pembanguan telegram, pembangunan jalan kereta api,  dan tur aktris Prancis Sarah Bernhardt.

Walau hanya merupakan tokoh komik, namun keberadaan Lucky  Luke cukup diperhitungkan. Misalnya pada edisi awal terlihat ia merokok. Belakangan  Morris menggantikannya dengan sebatang jerami. Hal ini dilakukannya dalam rangka mendukung kegiatan bebas rokok. Apalagi mengingat kebanyakan pembacanya merupakan  anak-anak yang dengan begitu saja mengikuti tingkah idolanya.

Edisi bahasa Indonesia Lucky Luke  pertama kali diterbitkan oleh Indira dan diterjemahkan oleh YY Hidayat. Belakangan Elex Media menerbitkan ulang kisahnya. Perbedaan terbitan Indira yang sampai saat ini masih dicari para kolektor dengan terbitan Elex Media adalah pada  ukuran buku. Ukuran Elex Media 240 mm x 180 mm tentunya lebih kecil dibandingkan ukuran  terbitan Indira


1. Nitroglicerin

Alih Bahasa : Fandi Ahmad  Shofwan
Editor : Niken  Djokosuratno S

Sekali lagi Lucky Luke harus berurusan dengan Dalton bersaudara. Cerita nya dimulai saat  terjadi penggalian terowongan guna membangun rel kereta. Dua perusahaan yang bersaing Union Pasifik dan Central Pasifik sebenarnya sudah memenangkan proyek, tapi tetap saja pihak Union Pasifik ingin menyabotase proyek yang lain. Kisah kian lucu saat Dalton bersaudara mengira yang di kawal Lucky Luke adalah emas. Padahal Lucky Luke mengawal  nitrogliserin milik Union Pasifik. Ternyata urusan uang sogok sudah dimulai pada era ini.

Nitrogliserin  merupakan cairan peledak yang diperoleh nitrating gliserol.  Sejak 1860-an, telah digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan bahan peledak, khususnya dinamit, dan digunakan dalam konstruksi serta pembongkaran industri. Sejak 1880-an, telah digunakan oleh militer sebagai bahan aktif, dan gelatinizer untuk nitroselulosa, Selain itu juga merupakan  salah satu obat tertua dan paling berguna untuk mengobati penyakit jantung serta digunakan untuk membantu menghancurkan kanker prostat

Beberapa adegan kocok dengan sindiran halus bisa membawa saya tertawa lepas.
Ampiun dehhhhh ada kuda yang bisa mengikat manusia, ada kepala stasiun kereta api yang selalu sial.
Tokoh pengusaha jasa pemakaman sepertinya selalu ada dimana-mana ya..


2. Alibi
Buku ini lebih mirip kumpulan kisah. Mungkin bisa  diplesetkan menjadi Kumpulan Komik alias Kumkom (ih kok enggak asyik). Khusus untuk buku ini ada 4  kisah yang dimuat. Pertama berjudul Alibi. Kisahnya mengenai seorang wanita "perkasa" yang hidup bersama ayah tirinya. Saat itu wanita serng digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut, namun tidak dengan tokoh yang satu ini. ia begitu "bersemangat" menghadapi segala hal.  Nah bisa  ditebak bagaimana kisahnya. Seru juga apalagi melibatkan banyak pemain sandiwara.

Kisah kedua  berjudul  Athletic City, menilik  judulnya bisa dikira-kira  kisahnya. Kali ini Lucky Luke membantu seorang anak laki-laki  bernama Chet yang lahir dengan kondisi tubuh sangat kurus sehingga sang ibu perlu memakaikan pemberat agar ia tidak terbang ditiup angin. Daerah Indigo memang dikenal dengan kondisi anginnya yang luar biasa. Penduduknya mudah dikenali karena postur tubuh yang selalu miring ke depan.

Walau memiliki tubuh kurus dan seiringan kapas, Chet memiliki otak yang lumayan pandai. Lucky Luke membantunya agar tidak dilecehkan para penduduk desa. Usahanya mereka berdua berhasil! Para penduduk tidak lagi menghina Chet, justru mereka ingin menjadi  seperti Chet. Diduga  disinilah asal mula munculnya Gymnastic.

Penasaran, kenapa juga Lucky Luke tidak mengubah dirinya menjadi seperti Chet.
Eh itu bukannya si  Sylvester yang itu ?

Kisah ketiga berjudul Ole  Daltonitos berkisah seputar pelarian (lagi) Dalton bersaudara. Entah kenapa sudah bolak-balik melarikan diri masih saja mereka bisa  ditangkap dengan mudah. Kali ini mereka lari ke Mexico. Sialnya saat kedatangan  mereka bertepatan dengan acara Adu Banteng, dalam sekejab berkat campur tangan Lucky Luke mereka berubah menjadi matador.

Dalam wikipedia, disebutkan bahwa matador, secara harafiah berarti pembunuh, adalah seorang torero yang sangat ahli di dalam pertarungan melawan banteng. Torero adalah pelaku utama dalam pertunjukan pertarungan manusia melawan banteng di Spanyol dan negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. Dalam pertarungan ini, seorang torero berperan mempermainkan dan pada akhirnya membunuh banteng tersebut. Torero disebut sebagai toreador dalam bahasa Inggris, tapi istilah ini hampir tidak pernah dipakai di Spanyol maupun Amerika Latin.

Tingkah laku Averell yang mendadak jatuh cinta membuat situasi kian kocak!
Sepertinya diantara Dalton bersaudara hanya ia yang selalu berurusan dengan cinta

Kisah keempat  berjudul Seekor Kuda Hilang. Siapa lagi kalau bukan Jolly Jumper! Beraninya mereka menculik kuda Lucky Luke. Kisah penutup ini lumayan menghibur. Guna mencari penculik kuda kesayangannya Lucky Luke berusaha keras, bahkan ia nyaris  berkompromi dengan penjahat. Ia rela jika harus membayar tebusan. Saat ia mencari bantuan untuk menebus Jolly Jumper baru ia tahu mana kawan sejati.

Ternyata penculiknya adalah .... dasar mereka enggak kapok berurusan dengan Lucky Luke


3. Bukit Hitam
Seperti yang sudah-sudah, Lucky Luke mendapat tugas mengawal. Kali in yang dikawal adalah kaum cendikiawan dalam rangka meneliti sebuah daerah guna membangun sebuah koloni baru. Berbagai kelucuan berawal dari rasa keinginantahuan para profesor. Disini awal munculnya  istilah Lecturassodactyle  Silahkan cari sendiri artinya ^_^

Para profesor jelas merepotkan Lucky Luke. Dengan bawaan yang tak terduga serta minimnya keahlian soal menunggang kuda, bisa dibayangkan kesulitan yang dihadap Lucky Luke. Tapi jangan dulu menyepelekan mereka! Buktinya mereka mampu menang melawan salah satu bandit berbahaya dalam ajang adu anggar.

Dalam kisah ini, Moris juga memberikan peringatan serta contoh mengenai bahaya mengkonsumsi minuman keras. Peristiwa yang menimpa kaum kulit merah alias bangsa Indian bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi semua orang.

4. Pony Express
Nah yang ini silahkan intip sendiri yah......
Sekarang pun masih ada Pony Express dengan wujud yang berbeda namun menawarkan jasa pelayanan yang sama.

Pada akhir setiap cerita Lucky Luke, kecuali pada kisah awal, kisah  akan ditutup dengan adegan menunggang Jolly Jumper menuju ke arah matahari terbenam dan bernyanyi, " I'm  a poor lonesome cowboy and long long ways from home"

Maka pada akhir repiu ini sebaiknya  ditutup dengan kata-kata
I can't stop loving you Lucky Luke.......

Gambar dari : http://musheinz.blogspot.com/2010_10_01_archive.html

Ini kisahku, Apa kisahmu?




PERHATIAN!!!!!!!!!!!!!!
Repiu tersingkat yang pernah dibuat
Mungkin bukan repiu malah, tapi  hanya tanggapan mengenai buku ini.
Mohon maaf atas keterbatasan yang terjadi
loadingnya lagi susah nih...^_^

http://www.goodreads.com/book/show/11770054-one-amazing-thing

Setting kisah ini adalah sebuah kantor permohonan paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat  berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya. Ada juga  paspor mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu. Paspor  diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.


Chitra Banerjee Divakaruni (lahir Chitralekha Banerjee) merupakan  seorang India-Amerika. Kegiatannya sehari-hari adalah sebagai  penulis, penyair,  esais, penulis cerita pendek, penulis fiksi dan nonfiksi,  resensi buku, kolumnis, aktivis, ibu rumah tangga serta seorang profesor dari University of California di Berkeley.Bukunya ada yang untuk anak-anak, remaja hingga dewasa.

Ia juga menjadi ketua MAITRI, lembaga bantuan untuk wanita-wanita Asia Selatan. Tahun 1995, kumpulan cerita pendeknya, Arranged Marriage, memperoleh penghargaan PEN Oakland Josephine Miles Prize for Fiction, Bay Area Book Reviewers Award for Fiction, dan American Book Award dari Before Columbus Foundation. Pada tahun  1994, ia menerima  Santa Clara Arts Council Award for Fiction dan 1994 Wallace Alexander Gerhode Foundation Poetry Award. beberapa bukunya sudah mulai difilmkan.


Karya-karyanya adalah:
  • Shadowland (2009)
  • The Palace of Illusions (2008)
  • The Mirror of Fire and Dreaming (2005)
  • Queen of Dreams (2004)
  • California Uncovered: Stories for the 21st Century (2004)
  • The Conch Bearer (2003)
  • Neela: Victory Song (2002)
  • Vine of Desire (2002)
  • The Unknown Errors of Our Lives (2001)
  • Sister of My Heart (1999)
  • The Mistress of Spices (1997)
  • Leaving Yuba City (1997)
  • Arranged Marriage (1995)
  • Black Candle (1991)
  • The Reason for Nasturtiums (1990)
  • Reviews, One Amazing Thing (2010)

Sumber gambar:
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTB4QMk3O_tMA0ggjolq1oro_L_UhwMCY1ALq64Tmrdg8pdyOZl&t=1

Selasa, 12 Juli 2011

2: Gusni, Kamu Harus Citius, Altius, Fortius!

 Judul             : 2
Penulis           : Donny Dirgantoro
Pewajah Isi     : Suwarto &
                        Oya Pamungkas
Desain Kover  : Donny Dirgantoro &
                        Diberu Karina
Ilustrasi           : Bayu Abdinegoro
ISBN              : 978-979-081-562-9
Halaman         : 418
penerbit          : Grasindo

Jangan pernah meremehkan kekuatan seseorang manusia, karena Tuhan sedikit pun tidak pernah.
Citius, Altius, Fortius
Faster, Higher, Stronger

SAYA TIDAK SALAH PILIH!

Terus terang buku ini awalnya saya pilih  dengan harapan bisa ikut mengembalikan saya ke alam produktif. Belakangan entah kenapa, saya merasa jenuh. Buktinya terlihat jelas, hingga nyaris tengah bulan baru 3 buku yang saya baca. Bukan salah buku-buku tapi konsentrasi yang terbagi membuat saya cepat merasa lelah dan jenuh.

Saat mencari buku untuk dibaca di kereta api dalam rangka tour of duty kemarin, mata saya segera tertuju pada buku ini. Secara pribadi saya menaruh harapan besar pada buku ini. Donny yang saya kenal di kampus dan klub foto selalu punya ide sederhana tapi spektakuler hasilnya.Sepasang sepatu di Musholla misalnya, bukanlah sebuah pemandangan yang luar biasa. Wajar jika banyak sepatu yang diletakkan di depan Mushollah. Tapi D****h (panggilan mesranya) bisa mengabadikannya menjadi sebuah foto yang unik dan mampu bercerita banyak. Saya yakin buku ini bisa menawarkan sesuatu yang berbeda.

Lihat saja kovernya. Hanya tulisan angka 2 dengan warna yang sungguh  kontras. Tipe huruf yang digunakan, jika kita perhatikan akan bersinggungan dengan kisah yang ada. Tidak hanya tipe huruf sebenarnya, tapi juga latar belakang kover yang berwarna merah serta warna angka dua. Semuanya merupakan simbol dari kisah yang ada. Bukan latah menerbitkan buku dengan judul bernuansa angka, namun saat membaca buku ini, terutama mulai halaman 410, pembaca akan mengerti kenapa  buku ini diberi judul 2.

Membuka lembar awal, kedua alis saya sempat bertemu. Ceritanya kok….Tapi kian kebelakang alis saya kembali ke posisinya masing-masing. Yang terdengar justrui tawa lepas saya. Sampai saya mendapat tepukan halus plus peringatan dari mama yang duduk di sebelah, “hush… ini kereta api yah bukan kamar kamu. Mbok yah dikecilkan sedikit ketawanya, anak perempuan jiee” Duh si mama segini masih saja disebut anak. Tapi yah begitulah seberapa umur saya, buat beliau saya tetap anak kok he he he.

Buku ini berkisah mengenai kehidupan  seorang anak yang tegar, bersemangat , gemar berolah raga dan pantang menyerah. Kisahnya dimulai dari sebuah keluarga harmonis yang sedang menunggu kelahiran anak kedua. Kedua orang tua mereka dipanggil Papa Gita dan Mama Gita. Panggilan itu terasa wajar mengingat  Gita merupakan anak pertama mereka, dan masyarakat kita sering memanggil orang tua berdasarkan nama anak pertama.

Kehamilan sang mama berjalan dengan normal. Namun saat melahirkan baru diketahui ada sesuatu yang berbeda dengan sang bayi. Bayi yang lahir super jombo itu diberi nama Gusni Annisa Puspita. Di sini Donny mulai  memainkan emosi pembacanya. Pembaca dibuat bertanya-tanya kenapa Gusti begitu berbeda dibandingkan kakaknya. Apa perbedaannya dan apa yang menyebabkan perbedaan itu.

Perbedaan yang terlihat jelas pada awal kisah adalah Gina menjadi pemain bulutangkis profesional sementara Gusni harus puas dengan mengayunkan raket nyamuk dimana saja. Nyaris sampai setengah buku pembaca baru mendapat jawaban dimana dan apa yang menyebabkan  Gusti berbeda dengan kakaknya, Gina.


Sebagai bumbu, Donny juga memasukan sebuah kisah cinta yang jauh dari menye-menye.  Kisah cinta yang dimulai dari sepotong kue onde-onde dan restoran bakmi. Saat kecil  hanya Harry yang mau bersahabat dengan Gusti si anak perempuan. Saat usia SD hal ini jelas dianggap aneh. Setiap anak laki-laki memiliki anggapan yang nyeleneh soal anak perempuan. Menurut anak laki-laki, anak perempuan itu acak-acakan-tidak jelas maunya. Anak perempuan itu cerewet, galak tapi cengeng, nenek sihir, tukang ngadu. Hem tunggu sampai mereka besar sedikit pasti anggapannya berbeda. Keduanya memiliki kesamaan sangat menggemari onde-onde dan bakmi plus ukuran tubuh yang super jumbo.

Kisah cinta antara Harry dan Gusti  tidak hanya dibumbui dengan romantisme ala remaja namun juga dengan rangkaian kebersamaan yang membuat mereka saling menguatkan satu dengan yang lain. Melalui Harry, Gusni mengerti apa itu cita-cita. Cita-cita menurut Harry adalah sesuatu yang baik buat diri kita sendiri, sesuatu yang membuat diri kita senang kalau melakukannya. Tertular semangat Gusni, Harry terpicu untuk mengembalikan cita-cita masa kecilnya. Gusni mampu tegar karena ada Harry disisinya.

Sosok kedua orang tua Gusni juga terlihat sangat mendukung kedua anaknya tanpa membedakan apakah Gusni membutuhkan perhatian khusus atau tidak. Keduanya mendapat perhatian yang seimbang. Sang Mama selalu memberikan petuah yang menyejukkan. Beliau selalu memberikan dorongan dan semangat bagi Gusti. ”Kamu perempuan Gus, harus berani, Mama mau kamu kuat dan berani, Gus... kamu berani mencintai dan kamu mencintai dengan berani”

Dibandingkan dengan buku-buku  lain, buku ini memiliki keunikan pada setting dan tema cerita. Setting peristiwa dalam buku ini beragam, antara lain saat kerusuhan 1998 yang lalu. Donny mampu membuat saya  merasakan ketakutan yang sama seperti saat itu. Bayangkan saja, rumah sakit tempat saya melahirkan ditimpuki batu karena dianggap berhubungan erat dengan rezim Orde Baru. Saya sampai menyusun semacam rencana penyelamatan diri dengan rekan sekamar yang juga baru melahirkan, sekedar mengantisipasi jika terjadi kerusuhan.  Ketakutan yang dialami Harry dan Gusni membuat saya juga teringat bagaimana khawatirnya saya pada nasib keluarga dari pihak sana. Mengingat mereka memiliki darah China

Tema cerita seputar seseorang yang bersemangat menghadapi hidup ini walau divonis berumur pendek sepertinya bukan tema baru. Tapi Donny membuatnya berbeda dengan membentuk sosok Gusni sebagai seorang atlit bulutangkis. Kisah bagaimana ia berusaha sekian tahun guna mencapai cita-citanya sungguh mengharukan. Apalagi ditambah dengan semangat hidupnya. Dijadikannya cita-cita masa kecilnya sebagai semangat hidup, sebagai pemberi kekuatan dalam menjalani sisa kehidupan yang entah sampai kapan.

Saya tertawa membayangkan betapa semangatnya Gusni mengayunkan raket nyamuknya. Saat orang memuja sang kakak, Gita sebagai pemain bulutangkis, Gusni justru terkenal dengan raket nyamuknya. Tawa saya kian keras saat membaca bagaimana Gusni berhadapan dengan para preman menggunakan raket nyamuk. Aduhhhhhhhhhhhh sakit perut saya gara-gara tertawa.

Tapi…, saya ikut meringis saat membaca bagaimana sedihnya Gusti kehilangan Harry sahabatnya saat SD. Bagaimana Gusti nyaris tak mau memakan onde-onde, kue kegemaran mereka berdua. Atau saat  Gusni mendatangi taman tempat mereka dahulu sering duduk-duduk. Juga saat membaca bagaimana restoran bakmi milik keluarga Harry habis dibakar saat kerusuhan.

Selain mengisahkan semangat Gusni, ada juga  kisah mengenai pelatih yang tak pernah pantang mundur dan bersemangat membagi ilmunya. Selama melatih ia....duhhh sebaiknya saya berhenti disini jangan sampai nanti jadi spoiler.

Secara keseluruhan buku ini menarik, menghibur dan memberi motivasi. Hanya ada hal yang ingin saya tanyakan kepada penulis sebenarnya. Misalnya saat restoran bakmi  milik keluarga Harry diamuk massa, maka Harry dan sekeluarga pindah rumah dan sekolah. Tapi seingat saya keluarga Gusni tidak pindah, lalu kenapa Harry tidak berusaha menggubungi Gusni ? Dalam kisah ini tidak disebutkan Harry pindah keluar kota, bahkan mereka sempat berselisih jalan saat mengunjungi puing restoran bakmi Seolah-olah mereka terpisah jarak yang sangat jauh hingga tidak bisa berkomunikasi. Baru saat reuni mereka bertemu, atau ada penjelasan tapi kejenuhan membuat saya kurang memperhatikan?

Jika disimak lebih dalam, kisah ini memberikan banyak asupan moral. Pertama, bagaimana pun juga keadaan kita, janganlah pernah menyerah. Berjuanglah mencapai impian, karena hidup tanpa impian akan membuat hidup kita berjalan tanpa arah.   Ada harapan disetiap keterbatasan.

Kedua, cinta bisa kadang kapan saja, dimana saja dan dalam wujud yang beraneka ragam. Kisah cinta Gusni dan Harry justru dimulai dari kue onde-onde. Kisah cinta dimulai dari persahabatan sekian lama. Ketiga, jangan pernah meremehkan kekuatan seseorang manusia, karena Tuhan sedikit pun tidak pernah. Gusti justru mampu berjuang disaat ia merasa lemah. Saat semua orang mengasihaninya, Gusti justru membuktikan ia sangat tidak layak untuk dikasihani.


Di tanah air Bulutangkis atau badminton bisa dianggap olah raga rakyat. Olah raga ini sering dimainkan di kampung-kampung dan dilombakan saat  acara menyambut Hut RI. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan yang dikenal dengan istilah kok (berasal dari shuttlecock) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Olah raga ini dimainka 2 orang untuk tunggal dan empat orang untuk ganda.

Bulutangkis memiliki sejarah unik.  Bulutangkis atau badminton mendapat namanya dari Badminton House di Gloucestershire,  Rumah dari Duke of Beaufort, dimana olahraga ini dimainkan di abad terakhir. Sebelum Badminton House, ada sebuah permainan yang disebut poona (permainan yang dimainkan oleh petugas stationed tentara Inggris di India).

Lalu apa hubungannya Gusni dengan olah raga bulutangkis?
Bagaimana nasib hubungannya dengan Harry?
Siapa sosok yang selalu berlari setiap jam 05.00 WIB?
Dibaca saja yah he he he he

 Sebait kalimat Mama Gita sepertinya layak untuk menutup repiu ini, ” Aku adalah seorang wanita, aku adalah kekuatan, aku adalah kelembutan, aku adalah ibu dari cinta.”

http://image.shutterstock.com/display_pic_with_logo/10610/10610,1129368592,7/stock-photo-close-up-shuttercock-632305.jpg

Senin, 11 Juli 2011

THE MIRACLE OF ENDORPHIN


Penulis         :  Dr. Sheigo Haruyama
Penerjemah  : Muhammad Imansyah & 
                       Ridwana Saleh
Penyunting   : Eva Y. Nukman
Proofreader   : M. Eka Mustamar
ISBN             : 978-602-8579-71-1
Halaman       : 264  
Penerbit        : Qanita
Harga            : Rp 62.000


Kesehatan sejati adalah menangani kesehatan sebelum penyakit datang serta umur yang lebih panjang terbebas dari penyakit.

Setiap manusia tentunya ingin hidup  sehat dan menikmati hidup dengan lebih lama. Banyak cara yang ditempuh guna mencapainya. Dr. Sheigo Haruyama dalam buku ini mengemukan bahwa rahasia hidup sehat dan berumur panjang adalah dengan menjaga  keremajaan otak dengan cara terus memproduksi "hormon kebahagiaan (endorphin)” sebanyak mungkin melalui pikiran positif. Hormon kebahagiaan berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan & kreativitas.



Endorphin merupakan gabungan dari kata endogenous dan morphine, yaitu sebuah  unsur dari protein yang diproduksi oleh sistem syaraf manusia. Unsur ini sering disebut  ‘morphin’ yang keluar, dari kelenjar hipofisis dan hipotalamus yang berada di dasar tulang tengkorak. Untuk apa mencari morphin sintetis dari luar tubuh, jika tubuh kita bisa memproduksi sendiri? Gratis lagi!
 
Umumnya masyarakat kurang menjaga kesehatan. Mereka lebih suka mengobati saat sudah benar-benar merasa sakit alih-alih mencegahnya. Padahal lebih baik berjaga-jaga dari pada mengobati. Saat penyakit sudah datang, tentunya kita harus mampu bertahan bahkan  mengembalikan kondisi tubuh hingga pulih kembali.

Kadang gaya hidup juga dapat menyebabkan seseorang mengalami  gangguan kesehatan. Untuk menanganinya jelas membutuhkan pengobatan yang berbeda dengan pengobatan seseorang yang mendeita sakit organ tubuh. Dalam menangani penyakit gaya hidup dan kelelahan, pengobatan timur lebih ampuh.

Kebanyakan penyakit gaya hidup berhubungan dengan lemak. Ketika stress dan lemak dating bersamaan, resiko terkena penyakit akan meningkat.  Banyak kebiasaan yang ternyata tidak baik bagi kita. Misalnya jika langsung tertidur setelah melakukan hubungans eksual, kita akan membawa kelelahan. Hal ini berlaku untuk semua bentuk aktivitas fisik dan seharusnya dihindari sambil merelaksasi otot-otot lelah.
Ketika seseorang marah dan merasa sangat tertekan, otak akan mengeluarkan "nonadrenalin" (hormon yg sangat beracun). Hormon ini  akan membuatnya sakit dan lebih cepat menua.Dalam tubuh kita ada dua puluh horman kebahagiaan, salah satunya adalah enkefalin yang memiliki struktur paling sederhana. Beta-endorfin yang paling kuat memicu perasaan bahagia. Semua hormone dikaitkan dengan hormone-hormon kebahagiaan berbahan dasar tirosina.

Hormon kebahagiaan ada diseluruh reseptor tubuh dan merupakan senyawa kimia yang berkaitan dengan jiwa raga. Aktivitas sel-sel pembunuh alami serta kekebalan pertahanan tubuh akan menguat apabila beta-endorfin berperan serta.  Jika hormon kebahagiaan ini dilepaskan dalam jumlah cukup, efeknya tidak hanya pada otak, namun seluruh tubuh dan akan mengaktifkan sistim imun kita. Dengan demikian kita akan terhindar dari penyakit.

   
Ada tips yg harus bisa diikuti untuk membantu tubuh memproduksi hormon kebahagiaan ini; yaitu:
- Tekhnik Jitu " Revolusi Besar di Otak "
- 6 Program Kesehatan dan Umur Panjang
- Memicu Sekresi Hormon Kebahagiaan
- Mencegah Penyakit
- Meningkatkan Daya Tahan Alami Tubuh
- Makanan Sehat Terbaik
 
Buku yang telah terjual  5 juta kopi di Jepang ini terdiri dari beberapa bagian. Bagian pembukaan mengupas mengenai penanganan medis pada titik pertemuan pengobatan ala timur dan barat.  Bagian pertama membahas bukti medis manfaat dari berpikir positif.  Bagian kedua  mengenai mereka yang memperkuat otot, tak akan jatuh sakit.  Bagian ketiga mengenai pola makan yang membuat otak awet muda.  Bagian keempat membahas bagaimana otak senantiasa muda, usia bisa mencapai 125 tahun
 
Menurut penulis, manusia seharusnya bisa hidup hingga usia 125 tahun. Rentang hidup hewan  bertulang belakang adalah lima kali periode pertumbuhan otak manusia. Karena otak pada manusia bertumbuh hingga usia 25 tahun berarti rentang kehidupan manusia adalah 5 X 25 = 125 tahun.

 Setiap bagian memberikan tips yang mudah diikuti. Misalnya pada salah satu teknik jitu untuk revolusi besar dalam otak adalah dengan Pemijatan Tsubo pada wajah. Luangkan waktu sejenak, lakukan akupresur  tiga kali sehari di depan cermin. Melalui pemijatan ini sekresi hormone kebahagiaan akan diransang. Selain itu perangsangan tsubo (titik akupunktur) adalah media yang baik untuk merawat kecantikan pada wanita, dan mempertahankan keremajaan pada pria.

Caranya sangat mudah. Letakan jari tengah di atas ibu jari telunjuk dan tekan kuat-kuat Sembilan titik akupunktur yang ditunjuk pada gambar. Pertama-tama, kira-kira Sembilan kali dalam ritme tiga(1,2,3,…1,2…) dan pada tekanan kesepuluh tahan selama sepuluh detik. Lakukan setiap pagi, siang dan malam hari.

Ternyata tidak sulit untuk hidup sehat, bahagia dan berumur panjang

Rabu, 06 Juli 2011

A Tale Dark & Grimm: Kisah Lain dari Hansel dan Gretel


Penulis              : Adam Gidwitz
Penerjemah      : Khairani Rumantaati

Penyunting        : Jia Effendie

Penyelaras        : Fenty Nadia
Pewajah Isi       : Husni kamal
Desain Sampul  : Lala Bohang
ISBN                : 978-979-024-477-1
Halaman            : 226
Penerbit             : Atria, Juni 2011


Bawa anak-anak keluar dari ruangan dulu!
Pernah terpaksa memotong jari sendiri?
Pernah membunuh?
Pernah ke neraka?
Pernah disiksa oleh setan-setan?
Pernah merasakan kepala iblis di pangkuan?
Pernah melihat masakan yang dibuat dari jari-jari para pedosa yang diberi bumbu air mata rasa bersalah?
Kalau  begitu kalian kalah hebat dari kakak beradik Hansel dan Gretel.

Selama ini kisah kumpulan Grimm bersaudara selalu diakhiri dengan kebahagiaan. Memang kisah dalam buku ini juga begitu. Tapi umumnya kisah yang kita baca selalu dimulai dengan sebuah peristiwa menyedihkan atau menakutkan  dimana sang tokoh utama digambarkan sebagai sosok yang tersiksa, lalu dengan ketabahannya semua penderitaan diakhiri dengan kebahagian. Sederhana tapi indah.

Tengok saja kisah  Hansel dan Gretel yang selama ini beredar. Dimulai dari ibu tiri yang kejam hingga mereka  ditinggal dalam hutan dan menemukan rumah dari kue buatan tukang sihir. Lalu mereka bla...bla...bla....Akhirnya Hansel dan Gretel hidup bahagia. Pesan moral yang diberikan dari kisah ini juga sederhana saja.


Buku A Tale Dark & Grimm menawarkan sesuatu yang berbeda. Dalam kisah ini penulis memang mengambil  tokohnya Hansel dan Gretel juga, kisahnya  juga diakhiri dengan kebahagian para tokoh. Hanya saja...............kisah yang disampaikan sangat LUAR BIASA DARK. Buku ini benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda dengan kisah klasik yang sudah dimodifikasi. Bahkan dari buku sejenis terbitan penerbit yang sama seperti Sister Red yang diadaptasi dari kisah gadis bertudung merah.

Kisahnya dimulai dari kakek Hansel dan Gretel yang ternyata adalah seorang raja, saat itu mereka berdua memang belum ada. Layaknya seorang raja,  sang kakek memiliki seorang pelayan setia yang bernama Johannes. Dari sanalah kisah ini bergulir. Kisahnya tentu saja bergulir menjadi dark sesuai dengan judul buku ini.

Buku ini menjadikan beberapa kisah sebagai sebuah rangkaian cerita dari perjalanan kehidupan Hansel dan Gretel. Saat membaca sebuah bagian, saya langsung merasa kenal dengan kisah yang ada, mungkin karena kisah-kisah Grimm sudah melekat di benak setiap pencinta buku. Misalnya saja kisah  Johannes yang mengawali kisah ini, lalu Pengantin Perampok mengambil sosok Gretel sebagai anak perempan yang lolos dari bahaya, Tap biar bagaimana, saya menikmati membacanya karena kisah klasik ini diuraikan kembali dnegan cara yang teramat sangat berbeda

Seperti juga kisah-kisah Grimm yang lain, pesan moral bisa  didapat dari membaca buku ini. Tapi dengan banyaknya kisah yang diramu, otomatis kita bisa mendapat lebih dari 1,2 bahkan lebih pesan moral. Saya tidak akan memberitahu pesan moral apa yang terkandung dalam buku ini, karena sama saja akan membocorkan racikan kisah menawan yang ada.

Satu hal yang perlu diingat, buku ini butuh bimbingan orang tua dalam membacanya. Akan lebih manis jika Atria penuliskan BO (Bimbingan Orang Tua) di kovernya. Hal ini perlu dilakukan mengingat beberapa bahkan nyaris seluruh kisah yang ada dalam buku ini penuh dengan kekerasan, kekejaman dan... darah dimana-mana!

Keberanian Atria menerbitkan buku ini layak diacungi jempol! Anak-anak juga perlu diajari bahwa hidup tidak hanya selalu putih, kadang hitam bahkan bisa juga abu-abu. Bimbingan orang tua diperlukan guna menjelaskan beberapa hal serta tindakan luar biasa yang dilakukan oleh Hansel dan Gretel. Ssst, tidak ada anak kecil si ruangan, kan? Atau siapa saja yang cengeng? Aku sudah memintamu untuk membawa mereka keluar.

Kekurangan buku ini mungkin hanya pada adanya typo dibeberapa  tempat, namun sepertinya itu terjadi karena faktor pengaturan saat hendak dicetak saja. Beberapa tambahan ilustrasi akan membuat buku ini kian menawan. Sekali lagi Jeng Jia membuai diriku  dengan kisah menawan. Buku ini sukses  membuatku kembali dari kejenuhan membaca.

Sang penulis Adam Gidwitz,   dalam buku ini bertindak sebagai narator. Kelakuannya sungguh "menyebalkan" Saat saya kira kisah sudah tamat ternyata justru kejutan baru mulai, belum lagi narasi menawan yang dihadirkannya. Membuat kita terbawa dalam suasana.  Adam Gidwitz adalah penulis buku anak-anak  lahir di San Francisco, dibesarkan di Baltimore , dan sekarang mengajar di Brooklyn.

Jika kalian tidak merasakan kenikmati membaca seperti yangs aya rasakan, minimal kalian akan tahu bahwa cara terbaik untuk membunuh penyihir jahar adalah memasaknya bersama ular-ular berbisa di kuali berisi minyak mendidijh. Lalu bisa mengerti perasaan bersalah bsia membuat hidup seseorang menajdi tidak nyaman. Dan... duh nanti spoiler deh he he he


Buku ini  terpilih sebagai New York Times Editor's Choice, A Publishers Weekly Best Children's Book of the Year (2010), a School Library Journal Best Children's Book of the Year (2010),dan  a 2010  Notable Book  oleh the American Library Association.

Jacob dan Wilhelm Grimm  hidup pada  tahun 1800-an. Saat itu kebanyakan kisah yang ada  menggambarkan kerasnya kehidupan  di Eropa pada saat itu. Memang ada juga yang  lucu, penuh semangat,  mengajarkan cinta kasih dan kebaikan. Tapi sebagian besar berisi hal-hal yang kejam. Misalnya kisah putri salju, pada kisah aslinya ibu tiri yang kejam dipaksa menggunakan sepatu dari besi panas dan diharuskan menari tanpa henti.

Mereka berdua menjadi terkenal karena menerbitkan kumpulan cerita rakyat dan dongeng serta hasil kerja mereka dalam bidang linguistik, berkaitan dengan bagaimana bunyi-bunyi dalam kata-kata berubah dalam peralihan zaman (Hukum Grimm). Mereka kemungkinan sekali merupakan pengarang novella paling masyhur dari Eropa, memungkinkan meluasnya pengetahuan kisah-kisah seperti Puteri Salju, Rapunzel, Cinderella, Hansel dan Gretel


Dan kau tahu, pada zaman dahulu kala, jadi resensor itu keren...
Sekarang, dan besok tetap saja K.E.R.E.N
Makanya hayuh bergabung di Blogger Buku Indonesia
usaha promosi he he he he he

Sekarang....,
Saya tantang kalian semua!
Jika kalian bukan seorang penakut, berani berurusan dengan tukang roti yang suka memanggang anak-anak, berani menghadapi penyihir dengan mantera keji .. silahkan baca buku ini dan buatlah resensi yang menawan! Karena saya sudah mengaku kalah! Susah membuat resensi buku ini karena semua hal yang ada menawan! jangan sampai spoiler khan...


Foto dari :
http://blog.schoollibraryjournal.com
wikipedia