Kamis, 30 Juni 2011

Saat Proses Kelahiran mempengaruhi Takdirmu


 
Judul           :  PROPHECY OF THE SISTERS
Penulis        : Michelle Zink
Penerjemah : Ida Wajdi
Penyunting  : Aisyah
Korektor      : Tisa Anggraini
No. ISBN    : 9786028590266
Halaman     : 360
Penerbit      : Matahati
Harga         : Rp 68.500

Alice,  bekerja sama  dengan para Roh  untuk melihatku mati.
Alice,  membuatku terpapar bahaya dengan merusak mantra ibu

Bagaiman jika orang yang paling dekat dengamu justru  adalah musuh terbesarmu? Jika belahan dirimu justru menikammu dari belakang?  Ia bersekutu dengan roh jahat untuk membuatmu celaka. Lia  sama sekali tidak mengira jika Alice, saudari  kembarnya,  sekarang adalah musuh utamanya.  Separuh dirinya masih menolak kenyataan itu, namun kian hari banyak fakta terungkap  yang membuktikan  betapa Alice dengan kejamnya berusaha membunuh dirinya.  Dan  semuanya berawal dari sebuah ramalan kuno dari masa lalu

Lia  Milthorpe dan adik kembarnya Alice berusia 16 tahun saat menjadi yatim piatu. Layaknya saudari kembar, nyaris tak ada berbedaan penampilan  diantara mereka, kecuali bagi mereka yang sangat memahami keduanya bisa menemukan perbedaan kecil. Wajah Lia agak bulat sedangkan Alice bergaris lebih tajam. Sorot mata Alice berkilau bagaikan permata di bawah cahaya, sedangkan Lia tampak merenung, berpikir dan bertanya-tanya. Hanya Alice yang bisa memancarkankan kembali kecemerlangan cahaya mata ibu mereka, sementara Lia yang menemukan kesenangan di keheningan perpustakaan sang ayah.

Beberapa saat setelah kematian sang ayah,  Thomas Edward Milthorpe, muncul tanda aneh di pergelangan tangan Lia. Wujudnya berupa lingkaran bergerigi  ganjil. Keanehan tidak berhenti hanya pada simbol aneh di tangan Lia, belakangan simbol itu  membentuk simbol Jorgumand. Alice juga mulai bertingkah aneh. ia sering diam seakan menerawang selama berjam-jam. Ia mulai rajin mengunjungi perpustakaan.  Sikapnya juga menjadi dingin dan kaku terhadap Lia
  
Puncaknya saat James, sahabat sekaligus kekasih Lia menemukan sebuah buku, The Book of Chaos di panel rahasia yang ada di perpustakaan. Selama ini tidak ada yang mengetahui tempat persembunyian itu. Buku itu cukup aneh,ada bekas halaman disobek, sebuah tindakan penghinaan terhadap buku! Tipografinya sangat kuno, bahasa yang dipergunakan adalah Bahasa latin, sampulnya bukan kulit tapi material lain. Untuk Lia, James berusaha menterjemahkannya, dan Isinya sungguh mengejutkan.

…..
Dua saudari, terbentuk dari dari samudra bergelombang yang sama,
yang  satu sang Garda, yang lain sang Gerbang.
Yang satu penjaga kedamaian, yang lain bertukar sihir untuk pemujaan
.....
….
….
Empat Tanda, Empat Kunci, Lingkaran Api
Terlahir dalan napas pertama Samhain
….
….
Rentangkan lenganmu, Nona Kekacauan
Malapetaka sang iblis akan mengalir
Seperti sungai
Karena semuanya  musnah saat Tujuh Tulah dimulai

Sebuah ramalan kuno yang diyakini kebenarannya mengisahkan ramalan tentang saudari kembar. Alkisah  Maari salah satu dari sang kembar berkhianat dengan merayu Samael, malaikat yang paling dipercaya Tuhan. Jika Maari melahirkan seorang malaikat, maka ia akan memperoleh pengetahuan yang dilarang bagi manusia.  Malaikat yang menikahi manusia bumi diursir, dipaksa mengembara ke delapan dunia lain untuk selamanya hingga tiba kiamat.  Mereka bisa kembali ke dunai fisik melalui dua saudari yang menjadi Gerbang dan Garda. Bayangkan bagaimana situasi bumi jika mereka kembali!


Selama ini  ramalan itu disembunyikan dengan rapi oleh  ibu  Lia dan Alice. Sekarang ramalam kuno itu mulai bekerja terhadap Lia dan Alice. Akibat proses kelahiran melalui caesar, dokter mengambil Lia  keluar lebih dahulu karena ia berada lebih dekat dari irisan yang dibuatnya. Setelah itu baru Alice yang berada lebih dekat ke jalan lahir. Maka takdir mereka berdua segera berubah! Lia bukanlah sang Garda, tapi Gerbang! Sang Malaikat Kekacauan.

Sang Garda hanyalah penjaga, pengawal jika mau. Tugas sang Garda untuk terus mengawasi saudarinya yang disebut sang Gerbang, menggunakan kekuatan apa pun yang tersedia untuk menolak para Roh memasuki dunia kita dan memohon sang Garda supaya berjuang melawan peran yang dimilikinya.  Suka tidak suka, keduanya harus menjalani takdir yang sudah digariskan, Kekacauan akibat campur tangan manusia hingga mengubah takdir keduanya tidak bisa  diperbaiki.  Lia berusaha menolak membuka gerbang, sementara Alice justru ingin membukanya. Mereka sekarang berseberangan walau saudari kembar!

Dengan bantuan dua sahabat barunya, Sonia dan Luisa, Lia mempelajari isi ramalan kuno dan baru menyadari malapetaka yang dapat ditimbulkannya. Mereka harus mencari empat Kunci yang dapat mencegah malapetaka itu. Dan Lia harus segera bertindak! Korban sudah berjatuhan! Alice juga semakian kuat merintanginya! Lia dan para sahabatnya harus berburu dengan waktu dan para  Roh yang tak memiliki batasan waktu untuk mencegah kembalinya  kekacauan dimuka bumi.

Lia dan Alice tidak tahu siapa yang bisa  mereka percaya.
Mereka hanya tahu bahwa mereka tidak bisa saling percaya
Dua saudara kembar menjadi dua musuh besar sekarang!

Buku ini alurnya cukup cepat, kisahnya menarik. Sis Ida mampu membuai saya dengan terjemahan yang menawan. Saya tidak memiliki edisi aslinya, tapi saya bisa memahami bagaimana kerja keras sis Ida dan tim untuk memilih sebuah kata hingga membuat keseluruhan cerita menjadi menawan. Penggunaan kata Garda memberi kesan kisah ini menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Kesan muram yang diberikan sangat cocok dengan tema yang diusung. Entah kenapa semuanya terasa pas saja.

Kisah romantis yang pada awalnya saya kira akan mengambil 50 % jatah cerita justru hanya berfungsi sebagai pelengkap! benar-benar pelengkap saja. Kisah  kasih James dan Lia pada buku ini hanya dibuat untuk memberikan kesan Lia berbeda dengan Alice, James memperlakukan Lia berbeda karena Lia adalah pujaan hatinya.  Tidak ada adegan menye-menye. Jika ada kemesraan sepertinya diungkap dengan teramat sangat wajar, bahkan cenderung hambar dibandingkan kisah lainnya.


Sang tukang cerita, Michelle Zink membuat saya tak mau meletakkan buku hingga selesai. Kesan suram  justru membuat kisah ini kian mencekam dan menarik.Buku ini merupakan buku baca Bersama di Bloger Buku Indonesia. Saat ini Zink tinggal di  New York bersama keempat anaknya. Silahkan mengunjungi  www.michellezink.com

Terus terang, ini salah satu buku yang paling menyebalkan untuk direpiu.
Masalahnya jika saya menulis sepotong kecil hal yang menurut saya perlu diketahui pembaca, bisa-bisa jadi spoiler. Tapi jika tidak ditulis rasanya  sayang sekali jika tidak membagikan sepotong kecil bagian yang paling menawan dari kisah ini. Lalu saya harus menulis repiu macam apa? Sebuah repiu yang tidak mengungkap hal selain yang ada di halaman belakang buku supaya aman? Waduh! rasanya seperti berbuat curang kepada sesama penggemar buku, menyembunyikan sebuah kisah ciamik.

Solusinya memang hanya satu, merekomendasikan buku ini bagi para sahabat penggemar kisah fantasi.

Dalam mitologi Nordik, Jormungand adalah salah satu dari tiga anak dewa Loki dan istrinya, raksasa wanita Angrboda Mereka adalah serigala raksasa Fenrir , Ular Midgard Jormungand , dan dewi kematian Hel .  Para dewa menyadari bahwa  mereka tumbuh cepat dan  suatu hari bisa mengakibatkan  banyak malapetaka bagi para dewa dan manusia. Maka Odin mendapat tugas untuk "membereskannya."  Dia melemparkan ular ke lautan yang mengelilingi bumi, tapi  ular itur telah berkembang hingga meliputi seluruh dunia dan mampu menggigit ekornya sendiri.

Dark Fantasy  sering disebut juga  horor fantasi atau fantasi Gothic merupakan  sebuah subgenre fantasi yang memadukan unsur-unsur fantasi dengan unsur  horor. Biasanay dikisahkan mengenai manusia yang terancam oleh kekuatan yang berada  di luar pemahaman atau nalar. Istilah ini diciptakan oleh Charles L. Grant pada 1970-an.

Tak  sabar menunggu kelanjutannya, Guardian of the Gate
Buku baca bersama di Blogger Buku Indonesia

Sabtu, 25 Juni 2011

Kenali Kepribadian Melalui Tulisan Tangan


Penulis           : Vimala Rodgers
Penerjemah    : Arfan Achyar
Penyunting     : Hanif
ISBN            : 978-602-8994-38-5
Tahun Terbit  : Cet 2,  Mei 2011
Halaman        : 218
Penerbit         : Kaifa
Harga            :  Rp 33.000

Tulisanmu jelek seperti dokter, sulit dibaca
 Sudah sering kita mendengar ungkapan seperti itu. Kasihan  juga para dokter yang dijadikan perbandingan. Dahulu sekolah kedokteran memang tidak seperti sekarang. Info yang saya dapat menyebutkan bahwa sang dosen akan berbicara  panjang lebar dalam waktu singkat mengingat padatnya materi yang harus diberikan. Para siswa akan berusaha mencatat sebanyak mungkin informasi yang diberikan. Hal ini menyebabkan mereka harus mampu menulis dengan cepat. Itu sebabnya pada umumnya tulisan dokter zaman dulu sulit dibaca. Sebuah  lelucon dalam Humor Para Dokter menyebutkan seorang dokter mempunyai 2 jenis tulisan. Pertama yang sangat sulit dibaca saat menulis resep, kedua yang sangat mudah dibaca saat menulis tagihan.

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang dikoordinasi oleh otak. Tangan, gigi bahkan jari kaki bisa saja menjadi perantara untuk memegang sebuah alat tulis, tapi otaklah yang memberikan perintah. Setiap gerakan alat tulis bukan hanya mencerminkan sikap yang kita miliki terhadap diri, melainkan juga memperkuat sikap kita. Semakin sering kita menulis dengan cara tertentu, semakin dalam sikap itu tergores  dalam jiwa kita.

Sang penulis buku,  Vamala Rodgers membutuhkan  tiga puluh tahun untuk melakukan riset, merancang dan memperbaharui  upaya menciptakan Abjad Vimala Alphabet. Sistem ini merupakan sebuah sistem penulisan yang menggunakan tulisan tangan bukan hanya  sebagai alat komunikasi melainkan sebagai alat pembangunan karakter karena bentuk setiap huruf menguatkan kembali  kualitas-kualitas paling mulia si penulis.

Fokus dari buku ini adalah memandu pembaca untuk mengeluarkan berbagai hal serta kemampuan yang tersembunyi dalam diri Anda. Cara kita menulis adalah indikator apa yang kita rasakan tentang diri. Hasil akhir dari mempraktikkan The Vimala Alphabet adalah daya penulisan yang santai, lembut  tapi  jelas dan sederhana, mudah dibaca dan mencerminkan diri Anda yang unik. Hanya dengan menggoreskan sebuah huruf, si penulis di tingkat alam bawah sadarnya meneguhkan kembali aspek-aspek yang diwakili setiap huruf.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan   Graphology serta Graphotherapy.  Graphology  adalah analisis tulisan tangan dan merupakan sebuah ilmu yang mengorelasi pola-pola tulisan tangan kepribadian seseorang. Graphotherapy adalah ilmu tentang tingkah laku yang mengudang si penulis untuk menulis dan mengubah aspek-aspek kepribadian yang merugikan diri sendiri dengan cara mengubah guratan-guratan spesifik dalam tulisan tangan.


Jangan khawatir jika saat ini tulisan Anda ”ajaib”   Melalui metode ini semuanya bsai diubah. Sahabat saya paling sebal jika harus membaca tulisan tangan saya, jangankan mereka kadang  saya juga sulit membaca ulang tulisan saya sendiri. Tapi saat ujian dahulu, mereka berebut duduk di belakang saya, karena mendadak tulisan saya berubah menjadi lebih teratur, rapi dan ditulis dengan ukuran yang cukup  besar sehingga memanjakan mereka yang mengintip!

Sebelum mulai melakukan analisa tentang tulisan tangan Anda, jangan lupa melakukan pemetaan terlebih dahulu. Misalnya apakah Anda lebih menyukai menulis dengan posisi kertas melintang atau membujur,  seberapa kuat Anda menekan kertas, apakah tulisan Anda rata,  dan sebagainya. Jawaban atas pertanyaan yang ada merupakan pemetaan dari diri Anda. Berdasarkan hal itu maka perubahan dilakukan.

Mereka yang secara alami memutar posisi kertas ke posisi lanskap biasanya adalah kalangan yang idealis, pemimpin dan resah saat harus mengikuti apa yang orang lain lakukan atau telah dilakukan. Merek cenderung berpikir untuk diri mereka sendiri, alih-alih membiarkan orang lain berpikir untuk mereka. Jika Anda ingin mulai berpikir di luar kontrak dan menemukan cara baru yang segar ketika memandang hubungan Anda dengan orang lain, pekerjaan dan menciptakan kemungkinan mengubah pola-pola yang merugikan diri sendiri dan kerap terjadai dalam hidup, maka putarlah posisi kertas menjadi lanskap.

Jika tulisan tangan anda seperti tempelen dengan jarak tak teratur, perlahan-lahan mulailah mendekatkan kata-kata itu ketika menulis. Bukannya menyatakan Anda tidak bersahabat tetapi mengatakan bahwa Anda lebih suka mendefinisikan ruang sendiri.  Dengan mendekatkan huruf, Anda mengesampingkan rasa takut terhadap kerentanan diri dan intimasi untuk menyeimbangkan kebutuhan Anda dengan orang lain.

Kemajuan teknologi belakangan ini membuat semakin banyak orang yang lebih suka mencetak tulisan dari pada menulis dengan tangan. Terutama mereka yang mearsa tulisannya sulit dibaca orang. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, maka baca kembali berulang-ulang karena itu akan membuka diri Anda dengan lembut secara menyeluruh dan bahkan menyebabkan letupan bakat yang selama ini disembunyikan.

Komponen yang tak kalah penting untuk dibahas adalah  tanda tangan.  Tanda tangan Anda adalah petunjuk utama pada identitas yang Anda. Pastikan huruf besar berukuran 2 sampai 2,5 kali tinggi huruf kecil. Jika Anda suka bersosialisasi  dan periang biasakan membuat yang lebih besar. Namun jika Anda cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan ingin tetap seperti itu buatlan tanda tangan kecil saja.

Setiap huruf dalam Abjad Vimala Alphabet membantu Anda merubah kehidupan. Misalnya saja huruf T yang dijuluki huruf status bersama dengan  K dan B.  Huruf ini berurusan dengan keinginan untuk berprestasi, berdiri agung

Pernyataan dari sebuah T  dengan kuat menyelimuti jiwa seseorang yang memiliki keteguhan hati, penuh dorongan dan antusiasme serta orang yang berusaha menentukan dan mencapai tujuan di luar jangkauan manusia biasa

Huruf C disebut juga huruf rasa percaya diri sepenuhnya bersama dengan C dan X.  Walau kelihatan sederhana, huruf ini merupakan salah satu yang paling sulit diubah dan dirapikan. Huruf ini melambangkan rasa percaya pada tingkatan terdalam dan meringankan  hati kita untuk membuka diri dan terbebas dari penilaian terhadap diri sendiri dan orang lain.

Ternyata dalam menulis, alat tulis yang kita gunakan juga  berpengaruh  dalam kehidupan kita. Seseorang yang lebih suka menggunakan pinsil tentunya memiliki kepribadian yang berbeda dengan mereka yang lebih suka  menggunakan bolpen. Mereka yang lebih suka memakai pensil sering kali mengalami kesulitan mendedikasikan diri pada proyek, hubungan atau usaha apa pun yang berlangsung dalam tempo lama. Mereka dengan hati-hati menghindari situasi-situasi di mana tidak ada jalan keluar.
 

Buku ini memberikan kita banyak pengetahuan mengenai bagaimana kepribadian seseorang bisa  dilihat melalui tulisan tangan serta bagaimana sebuah huruf bisa mengubah kehidupan kita. Jika Anda merasa sudah waktunya berubah, buku ini sepertinya bisa  membantu

Jumat, 24 Juni 2011

Hidup Adalah Pilihan, Tapi Cinta Datang Tanpa Bisa Memilih




















Judul Novel               : Hidup Adalah Pilihan
Penulis                     : Delian
Editor                      : Dra. Eni Setiati
Perwajahan Sampul : Lee Reggi - LA'CIRQUE
Perwajahan Isi        : Kusprihantoro
Halaman                 :  205
ISBN                     : 978-602-8955-38-6
Diterbitkan oleh      : Purnama Putra Tunggal Publishing
Harga                    : Rp 40.000

Hidup adalah pilihan
Dari dulu, sekarang dan besok saya sangat yakin akan hal itu. Terlepas dari urusan lagu salah satu band besar yang menginspirasi penulis, saya yakin bagaimana hidup ini berjalan tergantung pada pilihan kita. Kadang pilihan kita mungkin salah, tapi dari pada menyesal dan meyalahkan masa lalu akan lebih baik jika kita mencoba memperbaiki salah pilih yang sudah terlanjur terjadi.   Jika pilihan kita sudah berada di jalan yang benar, kita tetap harus waspada dan bersyukur. Lebih baik memilih walau salah dari pada hanya diam tidak memilih.

Kadang, pilihan kita akan menimbulkan pro dan kontra. Tapi kita hidup tidak untuk membuat semua orang senang. Suatu saat kita harus menerima kenyataan kita menyakiti  seseorang dengan pilihan kita. Asalkan mereka bukan kedua orang tua kita, dan kita  sangat yakin akan pilihan kita itu janganlah ragu untuk melangkah. Bagaimana kehidupan akan kita jalani, hanya diri kita sendiri yang bisa menentukan dan menjalaninya.

Demikian juga dengan Bram dan  Glen. Saat cinta datang, mereka tidak bisa menghindar. Pilihan hidup sudah ditetapkan. Dalam masyarakat kita, apa yang Bram dan Glen lakukan masih dipandang sebagai sesuatu hal yang aneh. Tak heran beberapa pasangan memilih tinggal di luar negeri demi kelangsungan hubungan mereka.Bagi banyak orang, kisah cinta mereka masih dianggap sebagai hal yang menyalahi norma. Sang penulis beberapa kali menyebutkan sosok permuka agama guna memperjelas bagaimana tanggapan masyarakat mengenai hubungan mereka, hubungan kisah kasih sesama jenis.

Bram merupakan anak tunggal dari keluarga berada. Dominasi sang ibu serta sikap ketidakacuhan sang ayah membuatnya mencari sosok lelaki yang mampu mengayominya. Gayanya yang flamboyan membuatnya mudah menarik hati gadis-gadis. Dipacarinya mereka namun tidak ada getar-getar cinta dirasa. Hatinya selalu merasa resah.

Pertemuannya dengan Glen teman dari masa lalunya membuat benih-benih kasih yang selama ini terpendam kembali bermekaran. Keduanya menjalani hari bak sepasang kekasih, penuh dengan kemesraan. Perbedaannya hanya mereka  tidak bisa begitu saja mengumbar kisah kasih mereka layaknya pasangan lain. Berapa tempat yang disebutkan penulis sepertinya menjadi tempat dimana mereka bebas memadu kasih.

Secara garis besar, penulis menawarkan sebuah kisah yang tidak biasa. Salah jika pembaca mengira ini hanya sebuah kisah tentang percintaan sesama lawan jenis. Penulis menambahkan sosok seorang perempuan sebagai krikil-krikil cinta di antara mereka. Jessy, nama perempuan itu sangat memuja sosok Bram, walau ia tahu Bram sudah memilih Glen menjadi belahan jiwanya. Tapi jika cinta sudah bicara siapa yang bisa mencegahnya. Lalu bagaimana kisah kasih mereka selanjutnya? Silahkan baca sendiri.

Pengolahan kisahnya cukup baik. Hanya saja akhirnya seakan dipaksakan. Seharusnya kisah ini bisa ditutup dengan aneka adegan yang menawan. Kisah kasih Bram dan Glen  juga bisa lebih dikembangkan tidak hanya sebatas itu saja. Siikap keras kepala Bram yang sangat tega (menurut saya) kepada kedua orang tua sempat membuat saya terheran-heran. Akhir kisah menjadi kurang menarik dan membuat sosok Bram seakan menjadi orang yang paling kejam, padahal diawalnya digambarkan berbeda.

Kekurangan utama dari kisah ini adalah tidak konsisten penulis saat bercerita. Suatu saat nama pelaku adalah Bram dan Glen. Hanya terpisah sekian baris  Bram dan Glem menjadi Aku dan Glen, dengan asumsi saat itu Bram sedang bercerita. Kemudian perkataan ”Beruntung Glen adalah seorang dokter, sehingga Bram  tidak begitu mengkhawatirkan keadaan Glen.”  Biar bagaimana juga Glen tetap manusia. Dengan segala kelebihan dan kekuranggnya.

Kover yang disajikan dengan nuansa warna yang berbeda dengan novel kebanyakan membuat buku ini kian menarik dilihat. Sayangnya permainan warna dibagian bel;akang justru membuat mata saya sedikit sakit. Apa lagi ukurannya yang sangat pas untuk dibawa.  Buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang berani keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu bacaan yang berbeda.

Beberapa sahabat saya menjalani kehidupan ala Glen dan Bram. Awalnya sempat heran. Keheranan itu terutama  saya tujukan untuk sahabat yang setahu saya dahulu punya segudang pacar cantik. Jika bertemu saat mereka sudah  menjalani pilihan hidup ala Glen dan Bran tentunya saya akan lebih bersikap masa bodoh. Bagi saya itu adalah pilihan hidup mereka. Selama kami tidak bersinggungan, saya tetap akan menghormati pilihan mereka itu.

Bram dan Glen sudah berani memilih 
Terlepas dari urusan betul atau salah
Bagaimana dengan Anda???? 

 ---------------
Thx buat para model....
kovernya terlalu gelap buat ditaruh khusus he he he he

Kamis, 23 Juni 2011

Buku Wajib Para Ibu Hamil, The Pregnancy Handbook

Judul        : The Pregnancy Handbook
Penulis     : Nadia Mulya
Editor      : Dyoto Lakhsmi Tenerezza
                 Novikasari Eka S
ISBN       : 978-602-8579-65-0
Halaman  : 220
Penerbit   : Qanita
Cetakan   : I, Maret 2011

Atas kuasa Tuhan, tengah terjadi keajaiban dalam tubuh Anda.
Selamat menempuh pertualangan  baru

Semenjak memasuki gerbang pernikahan, kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu. Saat dokter dan berdasarkan hasil test lab menyatakan seorang wanita hamil, maka sejak itu pula seluruh kehidupannya berubah. Sang calon ibu tidak hanya penjaga dirinya namun juga calon anak yang dikandungnya. Makanan yang dimakannya bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk sang calon anak, demikian juga dengan kegiatan lain, akan berpengaruh pada kehamilan

Buku ini memuat tips singkat seputar makanan, gaya berbusana serta olah raga selama kehamilan. Banyak wanita hamil yang cukup paham seputar asupan gizi bagi dirinya juga bagi bayi yang dikandungnya. Namun ia melupakan olah raga, sehingga keseimbangan kurang terjaga. Ada juga wanita hamil yang melupakan penampilannya dengan alasan kehamilan membuat ia tidak bisa bergaya. Padahal semuanya bisa dilakukan bersamaan dengan mudah.

Pada dasarnya buku ini terbagi dalam beberapa bagian. Bagian pertama membahas mengenai Rules of the Game. Isinyanya sih seputar pengetahuan tentang kehamilan. Misalnya bagaimana nutrisi seorang ibu hamil, bagaimana tetap bisa  gaya dalam kondisi hamil. Sering kali wanita yang hamil mengkonsumsi makanan berlebih sehingga membuat badannya "meninggi ke samping" Sering kali mereka mengalam kendala mengembalikan berat badan ke kondisi awal. Buku ini menawarkan tips untuk menurunkan berat badan.

Tak ketinggalan juga ada tips mengenai bagaimana berolah raga selama kehamilan.  Walau hamil bukan berarti tidak bisa berolah raga. Asalkan menghindari olah raga yang membuat kurang nyaman terutama dibagian perut, kegiatan olah raga bisa menyenangkan. Olah raga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil  antara lain jalan cepat, berenang, low  impact yoga, serta pilates.   Perlu diingat, sebelum berolah raga jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi kehamilan dengan resiko tinggi.

Selanjutnya, kita akan diajak menengok trimester pertama  dimasa kehamilan. Bulan pertama sangat penting guna mempersiapkan kondisi lingkungan yang sehat bagi bayi. Umumnya para waniya baru menyadarti kehamilan saat berusia lima minggu. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, kehamilan bisa  diketahui hanya dalam waktu beberapa hari setelah berhubungan. Beli beberapa test pack-test kehamilan untuk berjaga-jaga bila kurang yakin akan hasilnya.

Jenis kelamin bayi juga ditentukan pada saat ini. jenis kelamin ditentukan kromosan sperma saat terjadi pembuahan ( X dan Y). Jika X yang berhasil membuahi maka bayi yang dikandung perempuan, sebaliknya jika Y maka bayi yang dikandung adalah laki-laki. Dewasa ini, banyak cara yang ditempuh agar bisa mendapat jenis kelamin tertentu. Misalnya dengan banyak mengkonsumsi jenis makanan tertentu, berhubungan dengan posisi tertentu. Perlu diingat, hanya Sang Pencipta yang bisa  menentukan jenis kelamin bayi, kita hanya mampu berusaha secara maksimal.

Saat kehamilan, kita juga akan mengalami saat depresi, hal ini dikarenakan emosi yang rapuh.  Kondisi ini disebut baby blues. Baby blues adalah kondisi emosional ibu hamil yang merasa khawatir, bahkan depresi menghadapi kehamilan dan persalinan. Kondisi yang lebih parah merasakan tidak menginginkan bayi yang dikandungnya. 

Hal ini umumnya timbul karena merasa  khawatir akan tanggung jawab sebagai ibu baru, sulitnya beradaptasi dnegan kondisi baru hingga dukungan suami dan keluarga yang dirasa tidak ada. Mengatasinya bukanlah hal sulit, dukungan semua pihak membuat si ibu nyaman dan kuat sehingga merasa mampu mengatasi saat kehamilan dan kelahiran dengan lancar.

Pada  trimester kedua komunikasi kian terjalin melalui tendangan dan gerakan si kecil dalam dekapan rahim anda.  Bayi  benar-benar menunjukkan kehadirannya, Ia lebih aktif terurtama saat lapar dan malam hari. Kian hari tendangannya kian kuat, momen ini sering ditunggu oleh para orang tua. Bayi sudah bisa memberikan respon balik.

Pada malam hari bayi lebih aktif dikarenakan dua hal. Pertama kondisi ibu yang lebih santai membuat ia lebih peka dalam merasakan gerakan bayi. Biasanya pada kehamilan kedua seorang ibu bisa merasakan gerakan si bayi  dengan lebih cepat. Kedua, pada siang hari gerakan langkah kita dan bunyi bising bagaikan lagu nina bobo bagi bayi.

Anda tidak pernah menyadari betapa indah dan kuatnya tubuh seorang wanita, setelah mampu menghadirkan kehidupan. Sudah sekian bulan terlewati tanpa disadari. Sebentar lagi para orang tua bisa melihat wajah bua hatinya yang selama ini hanya bisa  dilihat samar-samar melalui foto USG saja.

Mulailah mempersipakan kelahiran bayi anda dengan perlengkapan dasar dahulu. Sering kali kerabat membawakan buah tangan berupa kebutuhan bayi. Umumnya seorang ibu mempersiapkan dimana bayi akan tidur dan perlengkapannya, perlengkapan mandi, pakaian dan selimut. Belakangan para ibu memilih menggunakan pampers alih-alih bangun setiap sekian jam karena bayi menangis karena ngompol. Zaman memang sudah sangat membantu para ibu untuk mengurus bayinya dengan mudah.

Jangan lupa, tindakan menyusui segera setelah bayi lahir. Karena ASI yang pertama keluar sangat bagus bagi kekebalan si bayi. Jika memungkinkan teruslah memberi ASI hingga berusia 2 tahun.Belakangan, para dokter memberikan petunjuk agar ibu memberikan hanya ASI hingga bayi berusia 6 bulan. Untuk ibu pekerja, tentunya hal ini bsia disiasati dengan membawa ternos ASI.

Terakhir, jangan lupa mendokumentasi  momen berharga si kecil. Syukur jika saat melahirkan sempat membuat foto atau videonya. Kelak  si anak bisa  mengetahui bagaimana perjuangan sang ibu. itu sebabnya ada pepatah yang menyebutkan surga ada di bawah telapak kaki ibu. Bayangkan sosok seorang ibu membawa beban sekian kilo setiap saat tanpa mengeluh. Saat melahirkan harus meregang nyawa.

Sebuah YM dari sahabat saya sepertinya layak dibagikan untuk kaum ibu :

Wanita cantik itu:
tetap tertawa walau sebenarnya ia ingin menangis.
tetap tersenyum walau sbnrnya ia kecewa.
tetap kuat walau sbnrnya ia udh gak sanggup lagi.
tetap semangat walau ttekan oleh masalah.

yg tpenting : tetap sabar dan mmandang semuanya baik2 aja walau ia sbnrnya tluka,
dan mengisi hidupnya dgn hal2 dan pikiran Positif.
Maka..
kecantikanmu semakin tpancar.

Nah, udh ngerasa cantik kan?
skrg saatnya utk kmu sebarin pesan ini ke wanita cantik lain.
Oke cantik?

Siapa bilang hamil tidak bisa cantik????
baca buku ini makanya ^_^

Rabu, 22 Juni 2011

Spring of Kumari Tears


Author                  : Yudhi Herwibowo
Indonesian Editor  : Bandung Mawardi
Cover Design        : Hikozaa
Illustration             : Bukukatta
Translated             : Rini Nurul Badariah &
                              Nita Candra
ISBN                   : 978-979-1032-41-4
Pages                   : 112


I am shocked………………………!
Because there is a snake which always comes near a baby, even though the baby has been taken far away from its village. The snake can somehow find the baby, and stays by its side until someone shrieked!



I am afraid………………………!
Because there’s a little girl with silvery eyes who can kill her mother’s loyal customer.

I am concerned………………………!
Because nobody has found the withering body of a mere boy yet.

I am shivering………………………!
Having read ‘ “And who dares to tempt my action? I hope even the demons will learn their lessons!” said Empu Bayu Aji, the age of Padjajaran, 1150 AD.’

And it’s all because I read Yudhi Heriwibowo’s new book, Mata Air Air Mata Kumari. It’s as if all of my strength and emotion has been drained, all my defenses gone astray. This 140 pages book has dragged me out of my comfortable zone. Exhausting, yet nourishes my soul.

This book contained a good mixture of 14 short stories . Kofa tells us about the beauty of a city, or rather, a city which was beautiful once, Amela Ameli-my time was almost up. Perhaps tonight, Lama Fa, Tale of Umar Pengkor, Baboa Bay, Keris of Kyai Setan Kober, Devil Child, Ana Bakka.  A reflection on a water jar, a  Cracked Mirror, a Ceiling a Dusty House, and a Broken Epitaph. Nenang Kawi Hill, Dead Land Messenger, Spring of Kumari Tears. A STory About Tiku, Two Silvery Eyes. Uniquely enough, the setting of some of the stories are not in Java, where the writer lives. The beautifully carved stories are such as if the writer was actually there. Each story has its own uniqueness. Nothing is the same from each of them, there’s always element of surprise.

The titles are also well considered by the writer. Sometimes he used one single word, straight to the point. For others he picked a long sentence. In the table of content, under the title, there’s a short description no more than 5 lines about the plot. Intriguing! We can read which story that entices us first. But don’t you worry, all of them are interesting. I myself found it hard to decide which one is my favorite. All of them are beautiful and alluring. In some stories, there are illustration which is different from the writer’s other books. The pictures seem bleak and mature.

This book is exceptional!

This book doesn’t offer long wordy descriptions, no lilting expressions, no research-born facts, no make-believe fantasy, but strands of words which came from the bottom of the heart. Each and every one of them is full of feeling. So touching.

Its first page ensnared me in amazement! After that I was kinda let myself bewitched. It seems that the book was made by pouring all of the writer’s finesse, as if there’s no other book to be written tomorrow!

The Story Teller
Young, modest, creative and productive! ^_^
That’s my short description about the man behind the book. If Yudhi Herwibowo is not a special character, there’s no way Bandung Mawardi was willing to be the special editor. It says much about well considered decision that he took time his time between his busy schedule as an essayist. Not all writers can get that kind of honor.

In his young age, he has written 26 books. Not to mention other activities, running a publishing company, hunting for manuscripts, being an editor as well as a secretary at the publishing company. He never meant to be a one man show, but the circumstances demand him to be a hard worker!

In selecting his words, Yudhi seemed conscientious. Each word emanates a certain aura. Such as, “... and I will engrave word by word on leaves which fall ointo your body as the most exquisite imagination for you...“Cukup ingat aku sebagai : hikozza.

For me, Yudhi is awesome! When he writes, he metamorphoses according to the theme he’s writing. The book will still be “Yudhi’s book” but there’s a distinction when he writes a joke book, J-novel, or others.

When I read Pandaya Sriwijaya and Untung Surapati, I didn’t feel like I was back in history class, but I felt as if I was one of the peasants where the story took place. In Samurai Cahaya, I was an ordinary person who lived in samurai age. I can feel how thick Yudhi's essence in many manifestations. Serious, funny, mature, you name it! I’m not a fan of history and J-Novels, but through Yudhi’s book I learn to enjoy it.

In this book...

I AM WORN OUT!

Despite myself, every story churned my emotions!

You can reach Yudhi at:
hikoza@yahoo.com
http://yudhiherwibowo.com/ http://yudhiherwibowo.blogspot.com/ http://yudhiherwibowo.wordpress.com/ http://pandayasriwijaya.blogspot.com/ http://untung-surapati.blogspot.com/

STOP!
I want you to stop reading this scribble of mine,
because I really don’t have much words left
Just go ahead and take a sneak peak by clicking the links above.
You will not regret it!

-------------------------------------
Translated by  Dina Begum
THX sis...................

Waktu Mas Yudhi tanya bisa rekomen alih bahasa untuk buku ini, saya  langsung teringat beberapa nama. Silahkan pilih sendiri mas... feelnya nyantol kemana. Ternyata ke sis Rini. ^_^
Membaca buku ini beberapa kali tetap  membuatku merinding.
Dari semua buku mas Yudhi, sepertinya ini adalah saripatinya
Semoga besok saya bisa mendapat buntelan saripati yang lain (ehem)

Senang banget saat buku ini dibedah pada OPMI.
Biar semakin banyak yang tahu karya bermutu seorang YUDHI HERWIBOWO
SEMANGAT!

@Sis Dina
harap ditunggun yah, edisi Bahasa Indonesia bakalan aku timpuk segera ke tempatmu
Ssst kalo versi ini kudu nodong yang punya he he he he maklum cetakan khusus dan terbatas

Minggu, 19 Juni 2011

Wither: Layu Sesaat Setelah Berkembang

Hal 1/5


                                                              MEMO

Tanggal   :  19 Juli XZ11
Status     :   Umum
Kepada  : 1. Para Pembaca Kisah Fantasi Kode Merah ( Usia 18 th +)
                2. Ordo Buntelan
                3. Bloger  Buku Indonesia
                4 Goodreads Indonesia
Dari       :  Kepala  Kearsipan Perpustakaan  Fantasi  Federasi
Perihal   :  Buku The Chemical Garden Trilogy #1 - Wither (Layu)

================================================

Sehubungan dengan permintaan bahan referensi guna Acara Konferensi Kisah  Fantasi sejagat, berikut disampaikan resensi dan sebuah buku yang dapat dipergunakan sebagai acuan  guna mempelajari perkembangan kisah fantasi terutama sekali sebelum masa kekacauan di bumi.

Buku ini merupakan buku pertama. Oleh karenanya beberapa bagian  mungkin masih bersifat misterius. Alurnya bahkan cenderung lambat di pada bagian tertentu. Penulis seakan ingin memberikan gambaran lengkap mengenai latar belakang tokoh yang ada dalam kisah ini. Lokasi kejadian juga sangat sempit, sebagian besar hanya  disekitar rumah tinggal  para tokoh

Namun secara keseluruhan kisahnya cukup menarik. Seandainya pembaca saat itu mau mengambil hikmah dari buku ini, tentunya keadaan bumi tidak sekacau sekarang. Namun dari pada menyesalkan apa yang sudah terjadi, mari kita sebarkan pesan moral yang ada dalam buku ini sehingga generasi selanjutnya bisa belajar dari kesalahan dari generasi kita. Uraian bisa  dibaca secara lengkap  dalam resensi yang tersimpan pada chip terlampir

Buku kedua sedang dirapikan. Penyimpanan sebuah buku selama sekian ratus tahun membutuhkan penanganan khusus saat akan dikeluarkan untuk dibaca. Setelah buku kedua siap akan segera dikirimkan data terkait.

Semoga bermanfaat.
Selamat Membaca

 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hal 2/5

Takdir telah menyatukan kita
Takdir, kupikir, mirip seorang pencuri

Mana yang lebih menyeramkan?
Hidup berpoligami dengan saudari-istri  yang tinggal 1 rumah bahkan kamar kalian hanya berjarak sekian meter, hidup dengan kesadaran penuh usia kalian sebagai kaum perempuan hanya sampai pada 20 tahun? Pilihan yang  membingungkan dan menakutkan!  Jika bisa tak ada yang mau memilih keduanya. Bayangkan jika  kalian mengalami keduanya seperti Jenna, Cecily dan  Rhine!

Dunia konon kian kacau saat itu.  Perang dunia ketiga  telah terjadi. Semua negara telah musnah, kecuali Amerika Utara, benua yang memiliki teknologi paling maju. Kemajuan ilmu pengetahuan telah menciptakan generasi pertama yang tangguh, nyaris abadi. Suatu generasi dengan embrio-embrio yang dikembangkan dengan sempurna menjamin suatu populasi yang sehat dan berhasil. Tak ada yang mengantisipasi efek mengerikan, generasi pertama memang tangguh tetapi  generasi berikutnya sangat lemah dan berusia sangat pendek.

Para pria hanya berusia sampai 25 tahun lalu secara otomatis akan meninggal. Para gadis harus 'dibuahi" sebelum mereka meninggal diusia 20 tahun. Usia 13 tahun dianggap cukup dewasa  untuk mengandung seorang bayi. Hal itu perlu dilakukan jika ingin mempertahankan kelangsungan ras manusia di muka bumi.  Sungguh berbeda dengan kehidupan saat ini, dimana kehamilan diusia 13 tahun sangat tidak dianjurkan!

Dunia bukan tempat yang aman bagi para gadis! Rhine berusia 16 tahun saat ia diculik, dipisahkan secara paksa dari saudara kembar identiknya Rowan.  Sebagai penderita Heterochromia yaitu kelainan genetic yang disebabkan jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris mata sehingga menyebabkan mata seseorang berbeda warna, ia memiliki mata berwarna biru dan cokelat. Itu yang membuatnya  terpilih sebagai pengantin.

 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hal 3/5

Sang pria kaya yang membeli mereka bertiga, Linden  Ashby, merupakan satu-satunya anak dari generasi pertama. Usianya juga sudah melewati 20 tahun. Sang ayah, dipanggil dengan Kepala Rumah Vaughn membutuhkan cucu untuk meneruskan keturunan. Itu sebabnya ia megatur pembelian ketiga pengantin bagi anaknya.

Dari mereka bertiga, sepertinya hanya Cecily yang menikmati perannya sebagai istri. Ia berusaha keras agar Linden sering mengunjungi dibandingkan saudari-istri lainnya. Ia berharap dengan membiarkan dirinya menjadi hamil dan melahirkan anak maka ia akan menjadi kesayangan di rumah itu. Bagi Cecily pernikahannya adalah sejenis hubungan yang hanya melibatkan aku mencintaimu dan anak-anak. Bagi Jenna rumah Linden  hanyalah suatu tempat mewah baginya untuk meninggal. Sementara untuk Rhine merupakan sebuah kebohongan.

Selain Linden suami bersama,  yang harus mereka waspadai adalah Sang Kepala Rumah Vaughn. Ia  bekerja tanpa henti sejak  kelahiran putranya. Ia mencari suatu antidot. Dibantu staf yang bekerja tanpa henti, ia optimis suatu saat bisa menemukan sesuatu sehingga putra dan para istrinya bisa  berumur panjang. Suatu saat, entah kapankah itu.Semoag sebelum waktunya terlambat.

Jika Rhine  bersumpah untuk melakukan apapun asal bisa  melarikan diri,  Jenna melakukan apa saja yang bisa membuat Linden terluka. Mereka berdua menjadi dekat karena perasaan yang sama, sakit hati. Ancaman  Kepala Rumah Vaughn saat mengetahui rencana pelariannya sama sekali tidak dianggap. Keuletan Rhine untuk mencari jalan keluar sungguh patut diacungi jempol. Ia memang hidup dalam kemewahan, tapi hanya satu yang dia dambakan, kebebasan. Dan apa pun yang terjadi, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan kebebasan itu ....

Tapi........,
Siapa yang mengira, Rhine justru menemukan cinta disana. Cinta  dari seseorang yang sangat tak diduga. Cinta sejati seperti kedua orang tuanya. “ Aku akan memberitahu kalian sesuatu tentang cinta sejati. Tidak ada hal ilmiah di dalamnya. Cinta sejati sealmiah angkasa.” Kata sang ayah suatu saat. Rhine menikmati kebersamaan mereka, sentuhan sekilas, bahkan tatapan matanya mampu membuat Rhina merasa hidup.

Secara keseluruhan buku ini memiliki kisah yang unik. Perpaduan antara keinginan untuk mempertahankan ras manusia dengan cara apapun, keinginan hidup bebas dan pencarian cinta sejati.  Selain The Road, buku ini menggambarkan dengan baik bagaimana nasib dunia jika benar-benar terjadi perang dunia ketiga. Unsur suram dan menyedihkan mampu digambarkan dengan baik oleh sang penulis.

 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hal 4/5
 Bagaimana ketiga saudari-istri menjalani kehidupan dalam sangkar emas mampu mengaduk emosi pembacanya. Disuatu saat mereka bertiga asyik bermain air dengan aneka virtual yang menyenangkan. Lain waktu mereka duduk bersama membaca sebuah buku di perpustakaan. Mereka juga kompak jika mengerjai Linden. tapi dilain waktu mereka ramai bertengkar untuk hal yang tak penting.

Walau bagaimana ada hal yang  membuat saya bingung. Misalnya disebutkan bahwa para wanita diculik untuk dijual kepada para  pemuda yang mampu membelinya. Lalu kenapa mereka yang tidak dipilih dalam kasus Rhine malah ditembak? Kenapa tidak coba “dijual” ke orang lain jika memang dianggap sebagai komediti yang langka? Beberapa pengumpul katanya bermurah hati menjadikan mereka yang ditolak sebagai prostitusi. Entah mana yang lebih menakutkan, ditembak mati  atau hidup menjadi prostitusi.

Bukan saya mau mendukung prostitusi, saya jelas menentangnya. Tapi jika mengikuti kisah si penulis alasan mereka diculik adalah untuk dijadikan pengantin dengan harapan mengandung anak, hingga bisa menambah jumlah manusia bukannya mereka lebih berguna dari pada dibunuh? Duh kayaknya wanita hanya  dimanfaatkan sebagai sarana berkembang biak demi kelangsungan ras

Lalu disebutkan kalau rumah yatim piatu selalu mendapat pasokan bayi dalam jumlah besar. Dari mana datangnya bayi-bayi itu? Jika dari para pengantin jelas tidak mungkin. Pria yang membeli mereka adalah orang kaya sehingga mampu menyediakan kebutuhan sang bayi. Lagi pula mereka tidak akan sebodoh itu menyerahkan bayi yang  ibunya mereka dapat dengan susah payah  ke panti asuhan.

Jika mereka mendapatkan dari prostitusi, lalu  bagaimana bisa  tetap ada pasokan? Suatu saat ketika berusia 20 tahun para wanita itu akan meninggal. Artinya berkuranglah jumlah pekerja prostitusi . Tentunya pihak panti tidak sebodoh itu mengirim perempuan baru kesana.   Bukannya lebih menguntungkan jika dijual ke pria yang mampu membelinya? Lalu darimana pasokan bayi itu berada? Jika dari wanita yang tidak diculik dan pria biasa-biasa saja tentunya  jumlahnya tidak banyak.

 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hal 5/5

Tata letak yang tidak biasanya  dari Penerbit Kantera, membuat buku ini tampil menggoda. Sayangnya entah kertas  yang digunakan terlalu tipis atau tinta yang digunakan terlalu tebal sehingga  tulisan yang ada pada sisi baliknya mengganggu saat membaca.

Pada http://id.wikipedia.org/ menyebutkan bahwa dalam  antropologi sosial, poligami merupakan praktik pernikahan kepada lebih dari satu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin orang bersangkutan) sekaligus pada suatu saat (berlawanan dengan monogami, di mana seseorang memiliki hanya satu suami atau istri pada suatu saat).

Terdapat tiga bentuk poligami, yaitu poligini (seorang pria memiliki beberapa istri sekaligus), poliandri (seorang wanita memiliki beberapa suami sekaligus), dan pernikahan kelompok (bahasa Inggris: group marriage, yaitu kombinasi poligini dan poliandri). Ketiga bentuk poligami tersebut ditemukan dalam sejarah, namum poligini merupakan bentuk yang paling umum terjadi.

Walaupun diperbolehkan dalam beberapa kebudayaan, poligami ditentang oleh sebagian kalangan. Terutama kaum feminis menentang poligini, karena mereka menganggap poligini sebagai bentuk penindasan kepada kaum wanita.

Lauren DeStefano lahir di New Haven, CT, Amerika Serikat, pada 13 Oktober 1984. Sejak kecil, dia sudah menyukai membaca dan menulis cerita. Dia  menyukai dan terinspirasi karya Vladimir Nabokov dan T. S. Eliot (http://www.penerbitkantera.com/)

Lauren menyelesaikan pendidikannya di Albertus Magnus College di New Haven, CT pada tahun 2007. Wither, buku pertama dari trilogi The Chemical Garden, adalah karya perdananya. Dan Penerbit Kantera adalah negara kedua di dunia yang mengakuisisi hak terjemahannya.  Lebih detail tentang Lauren DeStefano, sila kunjungi : http://LaurenDeStefano.com/http://www.thechemicalgardentrilogy.com/ atau profil Facebook-nya: http://www.facebook.com/pages/Lauren-DeStefano

Rabu, 15 Juni 2011

Bersama Rusty Menyelami Dunia Kucing



Judul            : Warriors #1 : Into The Wild
Penulis         : Erin Hunter
Penerjemah  :    Yunita Candra S
Penyunting  : Ari Nilandari
Koreksi  & 
Penyelaras   : Aishi Lilis &  Musa Annaqi
ISBN           : 978-602-987377-0-4
Halaman      : 346
Harga           :47.900

Di  musim pohontelanjang, hutan bisa menjadi kejam di malam hari. Klan akan menuntut kesetiaan yang tinggi dan  kerja keras. ....... Tetapi imbalannya besar. Kau akan tetap menjadi kucing jantan. Kau akan dilatih dengan cara alam liar. Kau akan belajar menjadi kucing sejati....

Hanya api yang bisa menyelamatkan klan kita

Rusty hanyalah sekor kucing rumahan biasa saja, pada mulanya. Apa lagi yang dicari dalam hidup ini. Pemiliknya sangat  menyayanginya. Semua kebutuhannya pasti terpenuhi. Ia hidup dalam kemewahan dan kenyaman. Suatu  bau tajam hutan sehabis hujan menggoda dirinya. Baunya  tercium lebih segar. Ia tergoda untuk  melihat-lihat hutan yang berada tak jauh dari rumah pemiliknya
.
Di pinggir hutan ia bertemu dengan beberapa kucing liar. Sebuah pertemuan singkat namun mampu mengubah seluruh hidupnya. Ternyata di dalam hutan tendapat beberapa klan kucing liar. Mereka hidup dengan saling menghormati berdasarkan kode etik yang berlaku.


Setiap kucing dalam klan ingin menjadi warrior, pejuang guna mempertahankan klannya. Sepertinya sebuah kehidupan yang menarik. Bagi mereka, Rusty hanya seekor kucing lemah peliharaan si kakidua, sebutan mereka untuk manusia. Rusty seakan menemukan sesuatu yang menarik dibandingkan dunia nyamannya yang cenderung terlihat membosankan dibandingkan kehidupan para kucing liar.


Apa lagi para kucing liar yang berasal dari klan ThunderClan menjamin ia tetap menjadi kucing jantan, karena ia tak akan dibawa ke dokter hewan. Rusty  Mendadak teringat  salah satu temannya yang menjadi gendut dan malas sejak kunjungannya ke dokter hewan. Bukan kehidupan yang diinginkan olehnya!


Rusty harus memutuskan  apakah ia akan menerima ajakan untuk bergabung di  ThunderClan dan hidup sebagai kucing liar di alam bebas dengan mengikuti segala peraturan yang berlaku di klannya. Atau ia memilih melupakan ajakan mereka dan hidup damai sebagai peliharaan kakidua, serta menjadi gemuk sejak dibawa ke dokter hewan!


Bisa ditebak bagaimana keputusan Rusty
Seperti saya yang meninggalkan zona nyaman untuk mendapatkan sesuatu yang lebih berarti, Rusty juga meninggalkan kehidupan nyamannya.  Perjuangannya untuk diterima sebagai anggota klan tidaklah mudah, apalagi mengingat latar belakang  sebagai kucing rumahan. Rusty juga harus membuktikan ia layak menjadi salah satu warrrior.  Mulai saat itu hingga ia menyelesaikan pendidikannya, Rusty akan dipanggil dengan nama Firepaw, guna menghormati warnanya yang seperti api


Tingkah polah kucing yang biasanya kita temui justru tidak ada dalam buku ini. Tidak ada kucing yang bermanja-manja, menjemur diri  seharian di panas matahari  atau hanya duduk manis di pangkuan pemiliknya. Yang ada justru kucing-kucing gesit yang berlatih perang, berburu makanan dan menjaga daerah kekuasaan klannya. Duh di dunia kucing juga ada perebutan kekuasaan layaknya manusia.

Ternyata menjadi warrior bukan hanya urusan mengadu kekuatan otot  dan keberanian saja, keterampilan otak juga diperlukan. Firepaw sekarang berlatih bersama Graypaw dan  Revenpaw. Kebersamaan saat latihan membuat  mereka  menjalin persahabatan.

Tidak semua kisah yang ada melulu soal perkelahian atau pelatihan menjadi warrior. Ada kisah persahabatan, setia kawan tentunya rasa kesal. Misalnya saja saat Firepaw dihukum harus mengurus Yellofang seekor kucing  dari klan lain yang sedang ditampung.  Perkerjaan yang tak mudah ternyata. Kenyataannya Yellowfang membutuhkan bantuan untuk mengurus dirinya yang luka, namun ia terlalu gengsi untuk mengakuinya. Sikap ini sering membuat Firepaw kesal. ” Kau hanya perlu terbiasa diurus hingga kau cukup sehat untuk mengurus dirimu sendiri, karung-tulang-tua-pemarah! Seru  Firepaw saat amarahnya tak tertahankan.

Para klan terlihat hidup rukun berdampingan .
Tapi……………,
Tetap saja ada yang ingin mengganggu ketertiban tatanan hidup klan-klan yang ada. Selalu saja ada perusuh diantara mereka yang hidup berdampingan dengan tertib. Ada yang menghancurkan sebuah klan dan berusaha menghancurkan yang lain. Ada penyusup diantara mereka. Fitnah bertebaran seiring hembusan angin. Suasana nyaman berubah menjadi mencekam.

Ini merupakan kesempatan bagi Firepaw dan para sahabatnyan untuk   membuktikan kesetiaan mereka, tentunya sambil menyelesaikan pendidikannya. Ia dan para sahabat harus membantu anggota klain yang lain untuk berburu makanan, menjaga wilayah serta tak ketinggalan menjaga anak-anak kucing yang masih sangat kecil.

Sekedar saran, sebelum membaca tuntas cerita dalam buku ini, sebaiknya memahami dulu aneka istilah yang ada. Lalu mengenal tokoh-tokoh yang ada dalam daftar klan, telusuri peta yang ada. Dengan memahami semuanya kita akan lebih menghayati kisah yang ada. Suasana pertempuran lebih mudah dipahami sehingga ketegangan kian memicu adrenalin.SERU!
  
Secara kseluruhan buku ini memang layak dibaca untuk  segala usia. Walau terus terang saya penasaran, kenapa kata Warrior tidak diterjemahkan menjadi prajurit? Apakah takut mengurangi kesan sangar. Penggunaan kata klan juga tetap digunakan dalam buku ini. Bagi saya, kata suku mungkin malah memberikan kesan kehidupan yang lebih kompleks.

Kucing sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak  6.000 tahun SM. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya  kerangka kucing di  Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus dan sejenisnya dari lumbung. Orang Mesir kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan Dewi Bast , juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk membunuh kucing adalah mati, dan jika ada kucing yang mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.

Seiring perkembangan zaman, jumlah kucing ras  atau kucing yang garis keturunannya murini hanyalah 1 % . Contohnya persia, siam, manx, sphinx.  Dalam perhitungan tahun Vietnam, kucing juga mendapat jatah tahun

Dalam buku ini kucing benar-benar digambarkan sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Sepasang taring di setiap sisi mulut layaknya gunting atau pisau tajam berguna untuk merobek daging mangsanya.  Tengok saja bagaimana   cara kucing makan, berburu. Atau bagaimana mereka melukai musuh saat terjadi perkelahian.

Kucing biasanya dapat membentuk koloni  liar tetapi tidak menyerang dalam kelompok seperti singa. Setiap kucing memiliki daerahnya dan selalu terdapat daerah "netral" dimana para kucing dapat saling mengawasi atau bertemu tanpa adanya konflik. Dalam kisah ini, daerah netral serta bertemu tanpa adanya konflik, adalah  pertemuan yang dilakukan setiap satu bulan sekali. 

Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Kadang kala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lamanya   antara 12-16 jam per hari, namun ada juga yang tidur selama 20 jam.


Kisah ini dibuat oleh sang tukang cerita, Erin Hunter,  sebagai wujud kecintaannya kepada kucing. Tak heran jika penggambarannya sangat terinci. Khusus untuk seri ini ada 6 buku yaitu:
1.   Into the Wild
2.   Fire and Ice
3.   Forest of Secrets
4.   Rising Storm
5.   A Dangerous Path
6.   The Darkest Hour

Ada beberapa situs yang khusus memuat mengenai kucing. Antara lain; www.kucingkita.com,,  www.facebook.com/PeliharaanKucing, merawatkucing.blogspot.com, alamkucing.blogspot.
http://kucing.web.id

Semua pasti bertanya jika saya teramat menyukai tema yang diusung, kenapa hanya memberikan bintang 8 pada skala 2-10) atau 4 pada skala 1-5. Ceritanya memang memukau, sungguh! Masalahnya hanya satu, saya tidak suka kucing. Bulunya memicu alergi saya. Saya langsung bersin-bersin begitu mencium bau kucing. Lalu kadang asma saya segera bernyanyi. Ditambah lagi, saya tidak suka kelakuan kucing yang sok akrab nyempil sana-sini. Aduhhhh!

Tapi saya akui kok, kalau tokohnya bukan kucing mungkin tidak  sebagus ini.

APA!!!!!!!
Meminta saya memangku kucing????
Tolong jangan paksakan keberuntungan anda yah

Selasa, 14 Juni 2011

Saya, Anda, Kita Semua Magnet Uang

Judul  Asli      : How to Become
                       a Money Magnet
Penulis           : Marie-Claire Carlyle
Penerjemah   : Dwi Karyani
Penyunting    :  Laila Assagaf
ISBN           : 9786029698756062
Halaman       : 271
Penerbit       : Foresta


Anda ingin memiliki uang banyak?
Sering mengasihi diri sendiri?
Selalu gagal mendapatkan apa yang diinginkan?
Merasa mustahil menjadi sukes?
Maka Anda sangat perlu membaca buku ini.

Buku ini bukan tentang cara menjalankan bisnis, mengatur rekening agar efisien atau mengelola penghasilan. Bukan juga tentang bagaimana cara bernegosiasi atau mempromosikan produk Anda. Buku ini memberikan pancerahan pada MENGAPA  Anda, saya dan mereka yang beruntung dapat menarik sejumlah uang. Bagaimana cara menjadi Magnet  Uang untuk menarik uang lebih banyak. Mereka yang beruntung adalah mereka yang mau membuka diri saat membaca buku ini,

Buku ini terdiri dari  tiga bagian dan  dua tahap Bagian pertama  berisi teori serta situasi yang harus ditelaah. Bagian kedua dan ketiga memperlihatkan bagaimana cara menjadi Magnet Uang. Tahap pertama menjelaskan cara menarik uang dengan segera. Anda,  saya dan jutaan  orang  pasti sangat  ingin hal ini terwujud. Setelah kita berhasil menjadi Magnet Uang, maka tahap kedua adalah mempertahankan status Magnet Uang tersebut agar tetap berkelanjutan.

Pada akhir tiap bab Anda  akan menemukan semacam daftar pertanyaan yang berfungsi sebagai peringatan bagi intuisi alami Anda. Anda memiliki semua jawaban, biarkan semua pertanyaan menjelaskan kebenaran yang Anda perlukan untuk menjadi Magnet Uang

Perbedaan utama dari buku ini dibandingkan dengan buku sejenis adalah tips yang mudah dipahami dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari .  Sang penulis yang juga  praktisi Feng Shui juga memberikan tips bagaimana menjadi seorang Magnet Uang ala Feng Shui. Selain itu, setiap tindakan yang dilakukan diberikan penjelasan sehingga pembaca mudah memahaminya keterkaitannya. Pendekatan ala Feng Shui juga diberikan penjabaran yang bisa  diterima logika. Suatu hal yang sering dipertanyakan oleh kaum intelektual muda.

Dalam buku ini, prinsip hukum tarik menarik dijabarkan dengan gamblang. Mulai dari alam bawah sadar yang sering mengirimkan pesan bahwa Anda kekurangan uang! Anda butuh lebih banyak uang, uang, dan uang!  Anda adalah magnet! Menarik apa yang Anda pikirkan dalam kehidupan Anda. Jika ada mencemaskan  pendapatan yang seakan tak cukup untuk membayar biaya hidup sebulan, maka itu yang akan Anda dapatkan!  Jika ingin miliki banyak uang, maka hal utama yang harus Anda lakukan adalah berpikir tentang uang dengan cara yang berbeda.

Dengan merasa bahagia dan bersyukur maka Anda akan menarik lebih banyak kekayaan.  Kondisi saling keterkaiatan merupakan konsep yang menarik. Jika anda mengirimkan sinyal pada frekuensi tertentu, maka Anda akan menarik koneksi yang sama. Jika Anda yakin segala sesuatu mungkin terjadi, maka Anda akan terhubung dengan berbagai kemungkinan.

Dengan mengubah pikiran untuk menciptakan berbagai kemungkinan guna mendapatkan sejumlah uang, maka kita akan akan menjadi Magnet Uang Tapi jika kita berpikir  negatif maka hal negative seputar uanglah yang akan menghampiri kita,.

Mulailah menghapus kalimat negatif tentang uang dalam diri Anda. Misalnya “Uang tidak jatuh dari langit”, “ Saya tidak pernah punya cukup uang”, “Ah… uang saya tidak sebanyak uangmu” atau “uang khan tidak ada bunyinya” Gantilah dengan kalimat positif, misalnya “Uang berserakan diseluruh muka bumi,  kita tinggal mengumpulkannya”, “Saya layak menjadi kaya”,  yang terhebat “Saya seorang Magnet uang!”

Semakin kita menikmati rasa memiliki uang, maka semakin besar peluang untuk menariknya.  Nikmati setiap lembar uang yang Anda belanjakan dengan gembira. Jika memang harus membayar lebih untuk sesuatu yang dapat membuat Anda menjadi Magnet Uang  Siapkah Anda mengubah pendapat mengenai uang? Siapkah Anda melepaskan keyakinan terbatas Bersediakah Anda berperilaku berbeda terhadap  uang?

Guna meningkatkan kemampuan diri menjadi Magnet Uang,  Marie-Claire Carlyle memadukannya dengan Feng Shui.  Feng Shui adalah niat plus energi  plus ritual. Feng Shui berarti  “angin dan air” dan berkembang dari ajaran-ajaran yang dipraktekkan pada zaman Kaisar Fu, yang pertama-tama menulis I Ching. Dalam Feng Shuri segala sesuatu disusun dari  energi dan bahwa perbedaan antara satu hal dan yang lain hanyalah getarannya. Kita seperti magnet yang menarik getaran yang serupa.

Dalam Feng Shui, manusia merupakan penghubung antara dan bumi. Hati adalah titik penghubung  dalam diri manusia. Ketika kita terhubung  dengan hasrat hati, kita  tersambung kearah kelimpahan yang tak terbatas dari alam semesta. Untuk itu jika menamkan keinginan kuat untuk memiliki  banyak uang maka alam semesta akan membawa kita berada dalam kondisi banyak uang

Untuk menjadi Magnet Uang, maka Anda perlu berpikir, merasa, berbicara dan bertindak seakan-akan Anda telah menjadi Magnet Uang. Karena Feng Shui juga merupakan sebuah uraian jitu yang membantu memahami cara kita mengubah bentuk energi, baik di rumah, di kantor maupun dalam pikiran kita.  Anda dapat menggeser tarikan “magnetis”  Anda melalui kekuatan niat dan spiritual

Menjadi Magnet uang sehingga kaya dan memiliki uang banyak adalah sebuah keputusan. Ketika memilih untuk menjadi magnet Uang, Anda akan merasa baik dan Anda akan menarik berbagai hal baik tanpa Anda sadari. Sederhanya  saja.
Jika kita mau sejenak saja melihat sekitar kita akan melihat banyak orang yang tanpa sadar telah menerapkan Feng Shui guna mengubah pandangan, motivasinya bekerja menjadi Magnet Uang. Pernah melihat USB dengan gantungan berwujud uang emas ala Cina? Atau pohon uang diletakkan di kamar kerja? Semuanya mengacu pada semangat berusaha agar menjadi Magnet Uang.

Ada sebuah prinsip yang layak dilakukan untuk menjadi Magnet Uang, Prinsip Be-Do-Have. Dalam prinsip ini  Anda harus be (menjadi) orang yang Anda inginkan, barulah do (melakukan) seperti yang akan orang itu lakukan, agar have (memiliki) apa yang Anda inginkan. Jika Anda mulai bertindak layaknya orang yang beruntung, maka Anda akan menarik keberuntungan ke mana pun Anda  pergi. Anda akan menjadi Magnet bagi keberuntungan  Jika Anda acuh tak acuh pada uang, maka uang juga akan acuh tak acuh pada Anda   Tetapkan tujuan apa yang benar-benar Ada inginkan. BUKAN apa yang Anda pikirkan dapat Anda pakai.

Paling menarik, buku ini juga memberikan pencerahan bahwa hidup tidak tak berarti harus selalu bekerja keras. Kita hanya perlu disiplin dan terfokus dalam pendekatan kita. Mungkin kita akan mengalami kemunduran, tapi selama masing seiring dengan apa yang benar-benar membuat kita bahagia, kita akan kaya!

Tindakan terfokus yang digerakanb oleh hasrat sangatlah kuat dabn bsia memberikan keajaiban. Lakukan apa yang kita senangi, dan melakukan sesuatu yang memberi nilai bagi dunia. Saat memberi nilai dan menghormati diri, kita menemukan nilai diri  kita yang sebenarnya. Nilai diri akan terefleksi kembali kepada kita dalam nilai yang kita tarik. Perlakuan seperti itu saat ini akan mendorong Anda, saya dan mereka menjadi Magnet Uang

Sang penulis buku, Marie Claire menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk bekerja melatih orang guna memenuhi potensi sejati mereka. Sebagai Sales Manager dan Sales Director, Marie Claire menggunakan keterampilan dan pengeta­huannya untuk memastikan timnya dapat melampaui target penjualan secara konsisten. Sebagai pelatih profesional dan konsultan Feng Shui, Marie Claire membantu kliennya untuk memberekan kekacauan  yang dapat menyembunyikan kekayaan mereka yang sebenarnya (www.marieclairecarlyle.com).

Setelah membuktikan bahwa dirinya bisa kaya, Marie Claire lalu mengadakan workshop “How to Become a Money Magnet” . Melihat hasil positif dari workshop-­nya itu, ia lalu diminta untuk menyarikannya dalam buku ini (www.howtobecomeamoneymagnet.com).

Marie-Claire mendapat dua gelar bisnis, dan seorang pelatih kehidupan yang berkualitas (DipLCH) dan praktisi NLP dan konsultan Feng Shui terakreditasi (FSSA) dan Pembersih Ruang (Space Clearer). Marie-Claire juga lulusan kuliah dalam dengan mengambil studi Fisika (College of Psychic Studies), The School of Insight and Intution dan secara ekstensif dengan Diana Cooper, di sini ia memenuhi syarat sebagai guru “Transform Your Life". Ia telah mengajar di perguruan tinggi lokal. Di tempat itu, ia telah memasukkan subjek pembinaan kehidupan, penyusunan kosmik dan Feng Shui, dan dia sekarang memfasilitasi lokakarya dan acara-acara di seluruh dunia.

Siapkah Anda mengubah pendapat mengenai uang? Siapkah Anda melepaskan keyakinan terbatas Bersediakah Anda berperilaku berbeda terhadap  uang? Jika siap segera bangkit!
Uang sudah ada. Satu-satunya hal yang mencegah Anda menjadi Kaya adalah diri Anda sendiri!
 Saya sudah menjadi Magnet Uang!
Bagaimana dengan Anda?

------------------------------
Curcol dikit

Tadinya enggak mau ngeluarin repiu ini
Cuman karena beberapa waktu serasa jadi selebritis medapat pertanyaan yang sama. Kepikiran buat ini.
Jadi yang tanya bisa mendapat jawaban dengan lebih lengkap. Pertanyaan yang diajukan oleh para sahabat antara lain, kok bisa gaji nyasar tetap santai dan bertahan hidup, kok mau meninggalkan posisi nyaman dan menggantikannya dengan posisi kroco. Hem.... yang paling muantap pertanyaan berapa besar berkurangnya pendapatan saya. Kalo dihitung kasar... cukup kok buat beli BB  standart he he he.

Ternyata semuanya enggak bikin dunia kiamat!
Saya masih bisa  jalan-jalan borong buku, pokoke fun  dengan sejumnlah uang yang ada (jangan tanya dari mana yahhh). Tidak terlalu berpengaruh ternyata. Sebab saya yakin dengan nilai nominal segitu saya bisa bertahan. Kuncinya keyakinan...

Yang sedikit mengesalkan selain pertanyaan kapan pindah adalah mulainya berdatangan para perampok barang2 ke meja saya. Dari ATK yang raib hingga pernik-pernik yang harus segera diamankan. Bahkan konon khabarnya komputer saya pun sudah mulai dilirik. Teganyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!

Senin, 13 Juni 2011

Misteri Manuskrip Fulcanelli


Judul               : The Alchemist's Secret
Penulis             : Scott Mariani
Penerjemah      : Lulu Fitri Rahman
Penyunting       : Suhindrati a. Shinta
Penyelaras       : Alfiyan
Aksara
Disain Sampul  : Windu Tampan
ISBN               : 978-602-8579-78-0
Halaman          : 510
Penerbit           : Qanita
Harga              : Rp 69.000

"Omnis qui bibit hanc aquam...”
"...si fidem addit, salvus arit.”
“Igne natura renovatur integra!”
"Kini kesakitan akan dimulai," bisiknya.

Bob Hope, mantan tentara dengan masa kecil yang kelam. Peminum namun sangat profesional  dalam menjalankan tugasnya. Ia hidup bersama  pengurus rumah tangganya, Winnie di sebuah rumah dengan pantai pribadi. Tugasnya mencari orang hilang. Asal bisa menemukan orang yang tepat, disaat yang tepat, maka tidak ada yang sia-sia.  Maka tak heran banyak klien yang menggunakan jasanya.  Seharusnya mudah baginya ketika  mendapat tugas mencari orang hilang. Masalahnya yang dicari adalah seorang pria bernama Fulcanelli yang terakhir terlihat di  Paris pada tahun 1926. jasanya.

Dr. Roberta Ryder,seorang  ilmuwan. Pandai  dan menawan,  publikasi hasil penelitiannya  membuat beberapa orang merasa terancam, hingga mereka menggunakan kekuasaan dan menempuh segala cara guna menyingkirkannya  dari dunia akademis.

Luc Simon,   polisi yang mendapat hadiah pernikahan berupa tuntutan cerai dari sang istri. Bekerja secara maksimal merupakan salah satu pelampiasannya. Sebuah peristiwa brutal mengarahkan perhatiannnya pada Hope dan Ryder. Ia memburu Hope dan Ryder seolah mereka berdua yang akan menyebabkan dunia kiamat.

Ketiganya dipertemukan dalam satu hal yang sama, mencari sebuah manuskrip tua yang dibuat oleh Fulcanelli seorang  alkemis. Manuskrip tersebut diperkirakan mengandung informasi yang sangat penting, pengetahuan kuno seputar pengobatan dan ramuan berumur panjang, bahkan berumur abadi!

Tugas Hope awalnya hanya mencari orang yang dianggap memiliki manuskrip itu, minimal muridnya, lebih sial lagi mencari mereka yang dianggap mungkin menyimpan manuskrip Fulcanelli. Seorang klien kaya membutuhkannya guna mengobati cucu tersayang. Tapi urusannya malah merembat ke banyak hal.

Urusan mencari selembar manuskrip tua ternyata tidak semudah mencari restoran yang nyaman untuk berkencan. Mereka harus berurusan dengan sebuah perkumpulan rahasia bernama  Gladius Domini, Pedang Tuhan. Perburuan dimulai dari Paris ke tempat yang tak pernah mereka bayangkan. Meminta korban orang terdekat serta memberikan kengerian yang tak tertahankan!

Banyak fakta yang disembunyikan, banyak kejutan yang didapat dan banyak rahasia yang terungkap.  Hope harus beritindak hati-hati jika tidak ingin nyawanya terancam. Sebuah petunjuk bukannya membawa kesebuah penemuan, namun justru membawa kepetunjuk yang lain. Begitu seterusnya hingga akhirnya menghantarkan mereka ke sebuah rumah tua dimana selama ini sebuah  rahasia dasyat tersimpan dengan rapi

Buku ini.... duh bagaimana mendeskripsikannya dengan tepat.. Menawarkan ramuan kisah yang tidak biasa. Kisah mengenai alkemis sepertinya sudah banyak kita. Sosok yang dianggap mampu merubah logam bahkan batu menjadi emas dengan meneteskan ramuan yang tepat.

 Tapi kisah seputar alkemis di tangan  Scott Mariani terasa berbeda. Saya sempat curiga, jangan seluruh alur cerita, setting serta cara bercerita Scott sangat mirip Dan Brown. Tapi ternyata tidak! Keduanya menawarkan sesuatu yang berbeda. Dan Brown membuat saya tidak bsai bernafas, seluruh kisahnya seakan selesai dalam waktu hitungan hari singkat. Scott membuat cerita berlangsung dalam rentang waktu yang  lebih lama, tapi ketegangannya justru terasa disetiap waktu.  Scott menawarkan sebuah misteri yang berangkat dari sebuah legenda, legenda Fulcanelli dengan balutan kemajuan teknologi ditambah keuletan dan keberanian seorang Hope.

Adrenalin kita seakan terpacu dengan cepat. Para tokoh harus saling berada kecerdikan disamping harus berpacu dengan waktu, sesuatu yang sangat sulit untuk dikalahkan. Rasanya sebelum cerita selesai, saya tak ingin meletakkan buku ini.

Scott membuat saya berada sebagai bayangan Hope dan Ryder. Saya ikut bersembunyi saat terjadi penembakan. Merasakan kepanikan Ryder saat harus menyelamatkan Hope yang nyaris dilindas kereta. Saya merapat ke Hope karena takut saat ia menemukan lorong bawah tanah. Ikut mual saat meminum cairan hijau lengket. Bersama Ryder, saya merasakan kegalauan hati Hope.

Saat saya tahu masa lalu Hope dimanfaatkan untuk membuatnya mau berjibaku, saya ikut merasa sakit hati. Tapi disis lain, mau tak mau ada perasaan kagum pada kehandalan pihak musuh dalam mengenali lawan. Buku ini memang tidak melulu berisi adegan kekerasan, tapi penuh juga dengan permainan syaraf yang menegangkan!

Entah kenapa, saat menemukan tokoh pria dan wanita dalam sebuah kisah saya cenderung selalu menyimpulkan pasti diakhir cerita bakalan terjadi hubungan diantara mereka berdua. Entah untuh jangka panjang atau sekedar urusan arus bawah. Begitu juga dalam kisah ini, mudah ditebakkan. Sebagai bumbu, justru kisah percintaan keduanya terasa hambar. Nyaris tidak pernah diungkapkan, hanya beberapa peristiwa tersirat yang ada.
Untung jantung saya kuat!

Alchemy adalah sebuah ilmu pengetahuan kuno yang  menitikberatkan  pada usaha untuk mengubah timah   menjadi emas,  Elixir of Life (ramuan hidup abadi) dan pencapaian hikmat tingkat tinggi. Praktek ini telah dilakukan oleh penduduk masa purba, mulai dari Mesir, India, Mesopotamia, Eropa Cina dan Jepang.

Salah satu komponen utama  guna melakukan perubahan adalah  Philospher's Stone (jadi teringat HP). Masalahnya hal ini tidak bisa  dibuktikan secara ilmiah  dan terbuka. Pembicaraan seputar hal ini hanya dilakukan di kalangan tertutup saja dan sering dianggap sebagai desa-desus belaka.

Fulcanelli dianggap seseorang yang telah berhasil memecahkan rahasia kuno  tersebut. Ia hidup pada abad ke-20 di Paris. Berita ini terutama sekali diperoleh dari dua orang yang mengaku sebagai murid  Fulcanelli,
Eugene Leon Canseliet (1899-1982) dan s Jean-Julien Champagne (1877-1932) .Kedua orang ini juga pendiri dari kelompok esoterik rahasia Perancis bernama Les Freres d'Heliopolis atau The Brotherhood of Heliopolis.

Sosok Fulcanelli masih merupakan misteri hingga saat ini. Ada teori yang menyebutkan bahwa ia sebenarnya adalah anggota terakhir keluarga kerajaan Perancis, The Valois. Keluarga ini memang sejak lama telah tertarik dengan hal-hal magis dan mistik. Walaupun seluruh keluarga ini telah dibasmi oleh raja Henri III pada tahun 1589, namun ada keturunannya yang masih bertahan hingga tahun 1615.

Teori lain menyebutkan jika  Fulcanelli adalah penjual buku okultis, Pierre Dujols. Namun, Dujols diketahui bukan seorang alchemist sejati. Ada juga dugaan   Fulcanelli adalah salah satu dari tiga alchemist yang hidup di Perancis saat itu yang menggunakan pseudonim Auriger, Faugerons dan Dr.Jaubert. Namun, argumen melawan teori ini cukup masuk akal. Jika Fulcanelli adalah salah seorang dari mereka, mengapa menggunakan lebih dari satu nama alias?

Walau begitu, hanya kedua murid yang pernah berhubungan dengan Fulcanelli. Hal ini menyebabkan
keraguan diantara para pengikut hingga pada tahun 1926, sebuah buku berjudul "Le Mystere des Cathedrales" atau 'The Mystery of Cathedrals" muncul. Buku ini hanya dicetak sebanyak 300 eksemplar.

Konon khabarnya, siapa saja yang mampu membaca buku itu dengan cara yang tepat akan mengetahui rahasia transmutasi seperti mengubah timah menjadi emas. Nama pengarang yang tercantum di sampul depan buku itu hanya satu orang, Fulcanelli. Sebanyak 36 Ilustrasi pada buku itu merupakan karya  Jean Julien Champagne .

Buku ini berisi topik mengenai interpretasi simbol pada berbagai katedral Gothic dan bangunan lain di Eropa. Menurut isi buku ini, bangunan-bangunan Gothic tersebut menyembunyikan instruksi alchemy dalam simbol-simbol yang terukir di bangunan itu.

Pada tahun 1930, buku kedua kembali muncul. Judulnya "Les Demeures Philosophales" atau 'The Dwellings of the Philosophers". Sekali lagi, Canseliet menulis kata pengantarnya dan Champagne membuat ilustrasinya. Canseliet mengaku kalau Fulcanelli sebenarnya juga telah membuat buku ketiga yang berjudul "Finis Gloria Mundi" atau "The End of Worldly Glory". Namun, entah mengapa, Fulcanelli memerintahkan untuk menghancurkan naskahnya sebelum diterbitkan.

Menurut Canseliet, Fulcanelli pernah memberikan kepadanya sejumlah bubuk alchemy yang disebut "powder of projection" pada tahun 1922. Dengan bubuk ini, Fulcanelli mengijinkan Canseliet mengubah empat ons timah menjadi emas.

Scott Mariani dibesarkan di kota bersejarah St Andrews, Skotlandia. Ia belajar di Oxford University.  Ia berprofesi sebagai penerjemah, guru bahasa, musisi profesional, instruktur menembak pistol dan wartawan lepas sebelum menjadi penulis penuh-waktu. Scott mendapat gagasan seri Hope Ben pada tahun 2007, ketika sedang berjalan-jalan  dengan anjingnya di pedesaan Welsh. Draft pertama dari novel pertamanya diselesaikan hanya dalam waktu tiga minggu. Diwaktu senggang,  Scott menikmati jazz dan film,
Seri Bob Hope terdiri dari :
  • The Alchemist’s Secret (terbit pertama dengan judul  The Fulcanelli Manuscript)
  • The Mozart Conspiracy
  • The Doomsday Prophecy
  • The Heretic’s Treasure
  • The Shadow Project
  • The Lost Relic
Jika ingin mengenal sang tukang cerita lebih jauh, silahkan mengunjungi www.scottmariani.com

Tahan Napas Anda... Ketegangan Baru dimulai

Foto dari
 http://www.simplyreaders.co.uk/p/simply-5.html
www.scottmariani.com